Asuransikan Keselamatan Kerja 504 Petugas Kebersihan

0
175
BERBAGI SESAMA: Bupati Anas didampingi Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko menyerahkan bingkisan sarung dalam acara buka puasa bersama dengan tenaga pesapon di Taman Srtitanjung, Kamis lalu (26/7).

Bulan Ramadan 1433 H tahun ini, membawa berkah tersendiri bagi sekitar 504 tenaga harian lepas (THL) kebersihan. Bupati Abdullah Azwar Anas menggelontor sejumlah rewards pada petugas kebersihan karena berhasil mengantarkan Banyuwangi meraih penghargaan sebagai kota hijau dan bersih dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

PADA acara buka puasa bersama di Taman Sritanjung, Kamis (26/7), Bupati Anas membawa sejumlah kabar gembira untuk ratusan penyapon. Pada kesempatan itu, Bupati Anas menetapkan penyapon sebagai pahlawan kebersihan tahun 2012. Penghargaan itu diberikan karena berhasil merubah kota Banyuwangi sebagai Kota hijau dan bersih dari sebelumnya sebagai kota terkotor di Jatim.

Tidak hanya itu saja, pesapon juga digelontor dana sebesar Rp 350 juta sebagai hadiah atas prestasi kerja yang berhasil diraih pada tahun kedua mereka mengabdi pada pemerintah daerah. Uang Rp 350 juta itu, tidak dibagikan dalam bentuk uang tunai. Namun digunakan untuk membayar premi asuransi kesehatan dan asuransi keselamatan kerja bagi 504 orang petugas kebersihan itu.

Loading...

Mulai tahun ini, Bupati Anas memberikan fasilitas asuransi semua petugas kebersihan berupa asuransi kesehatan dan keselamatan kerja. Dengan asuransi itu, maka ratusan pesapon itu jika mengalami musibah sakit akan mendapat pengobatan gratis hingga sembuh. Begitu juga jika mengalami kecelakaan kerja saat melaksanakan tugas, mereka akan mendapatkan santunan dari PT. Jamsostek.

“Jika mengalami kecelakaan kerja, akan mendapat klaim hingga Rp 20 juta. Kalau kecelakaan menyebabkan meninggal dunia, ahli warisnya akan mendapat klaim Rp 80 juta. Ini manfaatnya asuransi,” jelas Bupati Bupati. Rewards yang diterima pesapon itu tidak hanya itu saja. Sebelumnya, Bupati Anas juga memberikan hadiah berupa biaya perjalanan umrah ke tanah suci Makkah kepada dua orang pesapon.

Hadiah ini akan terus dibagikan setiap tahun pada pesapon yang memiliki prestasi kerja. Pada kesempatan buka puasa itu, Bupati Anas juga membagikan ratusan sarung untuk tenaga pesapon tersebut. Rewards beruapa asuransi itu, disambutn suka cita ratusan pesapon. Mereka menilai perhatian yang diberikan pemerintah daerah dan Bupati Anas terhadap tenaga pesapon sungguh luar biasa.

Dengan program asuransi itu, mereka mengaku akan lebih nyaman dan aman dalam melaksanakan tugas sehari-hari. “Terima kasih Pak Bupati atas perhatian dan kepeduliannya pada kami semua,” ujar salah seorang pesapon, Syaiful Rohman. Mereka menyatakan tekadnya untuk terus kerja keras guna menciptakan lingkungan kota Banyuwangi yang hijau dan bersih. Banyuwangi hijau dan bersama menjadi tekad bulat ratusan tenaga pesapon.

Meski sudah ada asuransi, Bupati Anas minta pesapon untuk tetap menjaga kesehatan diri dan keluarga. Begitu juga saat melaksanakan tugas, orang nomor satu di jajaran Pemkab Banyu-wangi itu minta pesapon untuk tetap berhati-hati. “Kerja diniati ibadah dan tetap harus hati-hati. Jangan mentang-mentang punya asuransi, kerja semberono mengabaikan keselamatan,” pintanya. (radar)

Loading...