Asyiknya Pelesir ke Sembulungan Naik Perahu Nelayan

0
312

asiknyaHabis Trekking Langsung Santap Ikan Bakar Pekan lalu kami mengunjungi Semenanjung Sembulungan, masuk wilayah Tegaldlimo. Wisata alam yang menonjol di kawasan hutan, masuk kawasan Taman Nasional Alas Purwo (TNAP), itu adalah hutan bambu. Ada juga Gua Lawa (gua kelelawar) dan meriam berbobot 4 ton peninggalan Jepang.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

MENUJU Sembulungan bisa ditempuh lewat darat dan laut. Kalau lewat darat, pintu masuknya lewat Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo. Perjalanan darat bisa ditempuh dengan menggunakan motor. Pakai motor medannya cukup berat dan butuh waktu lama untuk menyentuh pantai Sembulungan. Sebaliknya, kalau naik perahu, hanya butuh waktu 45 menit untuk bisa ke tepi pantai.

Start dari Pelabuhan Muncar dan fi nish tepat di bibir pantai dekat pos penjagaan TNAP sektor Sembulungan. Kebetulan rombongan kami naik perahu. Perahu bermesin diesel itu ditumpangi sepuluh orang, termasuk Direktur Jawa Pos Radar Banyuwangi Choliq Baya, Pemimpin Redaksi Rahman Bayu Saksono dan bagian pemasaran, Gerda Sukarno. Biar tidak tersesat, kami juga didampingi pemandu wisata. Urusan logistik, kami menyewa tukang masak. Maklum, di Sembulungan sulit mendapatkan makanan.

Sehingga, satu-satunya cara adalah ngebon tukang masak. Juru masak yang kami sewa adalah Ny. Syariat. Sehari-hari dia tinggal di Muncar, tapi punya warung di kawasan pantai Sembulungan. Lengkap sudah. Ada guide, juru masak, dan ada operator perahu. ”Pokoknya sampai di Sembulungan, konsumsi sudah siap disantap,” ujar H. Eko Sudarno, warga Muncar yang ikut dalam rombongan.

Siang itu ombak laut di perairan Muncar agak bersahabat. Praktis, perjalanan kami tidak menemukan kendala berarti. Berangkat dari Pelabuhan Muncar pukul 09.00, tiba di pantai Sembulungan pukul 09.45. Hanya terik matahari yang menyengat kulit. Selama perjalanan, kami disuguhi pemandangan rumpon-rumpon ikan di tengah laut dan rumpun lobster. View kawasan minapolitan juga terlihat indah dipandang dari timur.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last