Atlet Uniba Sumbang Emas, Menpora Beri Beasiswa

0
290
BAHAGIA: Yudi Dwi Nugroho (jaket hijau) mendapat apresiasi dari Rektor Uniba (dua dari kiri) dan Menpora Andi Malarangeng.

BANYUWANGI – Sebanyak 1.200 mahasiswa Sarjana Strata Satu (S1) Universitas PGRI Banyuwangi (Uniba) menjalani prosesi wisuda, Sabtu kemarin (20/10).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Yang cukup istimewa, acara wisuda yang digelar di Aula Kampus Universitas Uniba itu dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarageng.

Hadir pula wali mahasiswa, Sekkab Banyuwangi Slamet Kariyono, pejabat teras pemkab, dan undangan lainnya. Prosesi wisuda yang langsung dilakukan oleh Rektor Uniba Drs. H. Teguh Sumarno itu seakanakan menjadi unjuk kesuksesan Uniba dalam mengelola pendidikan di Banyuwangi.

Rektor Uniba Teguh Sumarno mengatakan, , selama 36 tahun mengabdi didunia pendidikan (dimana sebelumnya bernama IKIP PGRI dan pada tahun 2002 menjadi Universitas PGRI Banyuwangi), Uniba telah melalui sejarah panjang.

Namun berkat perjuangan yang kompak, Uniba mampu mencetak alumni-alumni yang tersebar di seluruh nusantara, dimana para alumni itu menjadi bagian pengambil kebijakan. Selain itu, kata Teguh, sebagai perguruan tinggi teknik dan keguruan dari tahun ke tahun Uniba juga berhasil mencetak sarjana yang unggul di bidangnya.

Bahkan Uniba juga telah berhasil mewarnai prestasi di tingkat nasional. Dimana salah satu atlitnya berhasil memboyong medali emas dalam arena PON XVII di Riau bulan September untuk cabor lari 100 meter. Dia adalah Yudi Dwi Nugroho, mahasiswa Uniba yang tinggal di Desa Jelun, Kecamatan Licin itu berhasil menyabet emas di PON Riau.

“Inilah Uniba, kampus yang berada di ujung Pulau Jawa, namun berhasil membawa nama Banyuwangi di kancah nasional. Dan masih banyak lagi atlet Uniba yang berhasil di kancah kabupaten dan provinsi,” ungkap Teguh disambut tepuk tangan undangan.

Peran lain yang tak kalah penting adalah selama 36 tahun mengabdikan diri untuk dunia pendidikan, sumbangsih Uniba untuk meningkatkan kemajuan perekonomian Banyuwangi juga sangat besar. Meski tidak dicatat oleh Pemkab Banyuwangi, namun peran serta kemajuan perekonomian Banyuwangi tidak terlepas dari peran serta Uniba.

“Untuk itu kami sangat mendukung program Pemkab Banyuwangi,” katanya. Sementara itu, sebagai apresiasi terhadap Yudi Dwi Nugroho, Rektor dan Mepora Andi Malaranggeng memberikan beasiswa untuk pendidikannya di Uniba. Apresiasi ini sekaligus merupakan upaya untuk memotivasi atlet-atlet Uniba lainnya agar bisa memberikan prestasi di tingkat nasional.

“Sesuai misi Kementerian Menpora, yakni Indonesia Emas yang bertujuan untuk memunculkan atlet-atlet profesional atau siap bersaing di kejuaraan internasional,” pungkas Rektor. (radar)

Loading...