Bagikan 24 Motor untuk Sekcam

  • Bagikan

BANYUWANGI – Menjelang akhir masa jabatannya, Bupati Abdullah Azwar Anas bagi-bagi kendaraan dinas untuk 24 sekretaris  kecamatan (sekcam) kemarin (5/6). Kendaraan operasional sekcam itu berupa motor bermerek Suzuki Th under dan Suzuki Axelo.

Penyerahan sepeda motor dinas tersebut dilakukan secara simbolis Bupati Abdullah Azwar Anas di aula Rempeg Jogopati Kantor Pemkab Banyuwangi kemarin. Bupati Anas mengatakan, muara layanan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat adalah desa atau kelurahan dan kecamatan.

Sedangkan usia kendaraan untuk para sekcam sudah tua. Dengan penyerahan kendaraan baru ini, diharapkan kinerja sekcam lebih optimal. Anas menjelaskan, dengan kondisi motor baru, sarana koordinasi sekcam dengan pemerintah desa di wilayah kerjanya semakin optimal.

“Ini juga bisa  dijadikan sarana transportasi  yang cepat dalam berkoordinasi di lintas sektor atau turun ke  desa-desa,” tuturnya.  Anas memberi catatan khusus para sekcam yang baru saja menerima sepeda motor dinas baru tersebut. Ketika motor sewaktu-waktu diperlukan untuk menopang program Pemkab Banyuwangi, motor tersebut harus ready.

“Seperti halnya mobil dinas, saat pelaksanaan pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim kali ini. Begitu diperlukan, semua mobil dinas dikumpulkan untuk kebutuhan membantu Porprov,” kata dia. Kepala Bagian Perlengkapan Sekretariat Daerah (Setda) Banyuwangi, Henik Setyorini  menambahkan, kendaraan dinas roda dua ini merupakan inventaris pemkab yang diberikan kepada pemerintah kecamatan untuk menunjang operasional.

Sebab, kendaraan operasional yang ada di kecamatan kurang  maksimal.  Kendaraan roda dua yang dimiliki kecamatan merupakan  pengadaan tahun 2002 atau  dibeli 13 tahun lalu. Henik menuturkan, pengadaan 24 unit kendaraan tersebut sudah melalui lembaga kebijakan pengadaan barang/jasa pemerintah (LKPP).

Artinya, pengadaan 24  unit sepeda motor itu sesuai  harga yang ditetapkan. Untuk memberikan fasilitas sepeda motor itu, Pemkab Banyuwangi mengeluarkan anggaran sebesar Rp 368 juta. “Pengajuan kendaraan ini diajukan kecamatan tahun 2014, baru tahun anggaran 2015 ini bisa dipenuhi,” pungkasnya.

Usai diserahkan secara simbolis di aula Rempeg Jogopati, Bupati Anas didampingi Sekkab Slamet Kariyono sempat menjajal sepeda motor tersebut di halaman belakang kantor pemkab.  Selain Anas dan Slamet, para sekcam yang baru saja menerima  kendaraan roda dua itu langsung melakukan test drive di lokasi yang sama. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: