Barisan tak Putus 5 Km

0
99
ANTUSIAS: Bupati Abdullah Azwar Anas berbaur dengan ribuan peserta jalan sehat Mlebu Kampung di Kecamatan Sempu, Banyuwangi, kemarin. Foto terkait lihat Radar Genteng halaman 27.

SEMPU – Kegiatan jalan sehat Mlebu Kampung Ambi Bupati yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 13 Jawa Pos Radar Banyuwangi benar-benar spektakuler. Lautan manusia nyaris tidak terputus memadati rute jalan sejauh lima kilometer dari start hingga finish di Lapangan Samudra, Kecamatan Sempu kemarin (8/7).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Sekitar 30 ribu peserta tumplek blekmengikuti kegiatan yang merupakan kerja bareng Jawa Pos Radar BanyuwangiBiro Genteng, JTV Banyuwangi, dan Muspika Sempu tersebut. Antusiasme masyarakat untuk mengikuti kegiatan jalan sehat tersebut bisa dilihat sejak pukul 05.30.

Peserta terus berdatangan dari Kecamatan Sempu dan sekitarnya. Bahkan, Bupati Abdullah Azwar Anas ternyata sudah hadir di Lapangan Samudra sejak pukul 06.00. Padahal, pengibaran bendera start pemberangkatan peserta baru dilakukan sekitar pukul 07.00. Begitu tiba di lokasi, Bupati Anas yang didampingi Ny Ipuk Festiandani Anas menyempatkan diri menandatangani tumpukan berkas di tenda transit yang disiapkan panitia.

Hanya beberapa berkas surat yang selesai ditandatangani, rom bongan peserta dari berbagai agama, golongan, etnis, dan organisasi kemasyarakatan su dah berdatangan di lokasi kegiatan. Sebagian warga secara bergiliran minta foto bersama dengan orang nomor satu di Pem kab Banyuwangi itu. Tak lama kemudian, Lapangan Samudra sudah penuh sesak seolah menjadi lautan manusia.

Namun demikian, iring-iringan calon peserta masih saja terus berdatangan ke lokasi seakan tak pernah putus. Lapangan Samudra seolah tak mampu menampung ba-nyaknya peserta. Nah sambil me nunggu peserta yang te-rus berdatangan, Bupati Anas didampingi panitia dan Mus-pika Sempu menemui ribuan peserta kelompok PAUD dan TK di Pertigaan Tapean, Desa Karangsari.

Lokasi start untuk anak-anak ter sebut berjarak 500 meter arah timur lapangan Samudra. Se kitar 5000 murid PAUD dan TK beserta orang tuanya sudah menunggu di pertigaan tersebut. Bupati Anas bersama Pemimpin Redaksi (Pemred) Jawa Pos Radar Banyuwangi, Bayu Saksono bersama-sama mengangkat bendera start untuk kelompok PAUD-TK tersebut.

Loading...

Usai mengibarkan bendera, Bupati Anas dan rombongan sejenk untuk berjalan kaki ber sama ribuan murid PAUD dan TK menuju lapangan Samudra. Namun karena peserta umum sudah memadati Lapangan Samudra, Bupati dan rombongan bergegas naik mobil menuju garis start pe serta umum. Kali ini, Bupati Anas dan Pemred Jawa Pos Radar Banyuwangi Bayu Saksono sekali lagi mengangkat bendera start ber sama-sama.

Saat itu juga, sekitar 25 ribu peserta langsung bergerak berjalan kaki melintasi rute yang telah ditetapkan. Sepanjang perjalanan, suasana jalan sehat berlangsung hangat. Selain hawa udara yang sejuk, warga kampung di sepanjang rute tampak menyambut para peserta ja lan sehat. Pada beberapa per tigaan dan perempatan ja lan kampung, banyak warga yang tiba-tiba mencegat dan menyalami bupati yang ber jalan di barisan depan.

Bahkan, seorang perempuan tua ada yang nekat memeluk Bupati Anas. Peserta terus berjalan menyusuri jalan perkampungan yang di Desa Tegalarum, Desa Jambewangi, Desa Temuasri, dan Desa Karangsari. Sesekali, panitia juga melakukan santunan untuk fakir dan miskin di tepi jalan tersebut. Bantuan sembako tersebut ber gantian diserahkan oleh Bupati Anas ; Pemred Jawa Pos Radar Banyuwangi Bayu Saksono, Kepala Kantor Radar Banyuwangi Biro Genteng, Ab dul Aziz, dan Camat Sempu, Luk man Hakim S.

Setelah berjalan sekitar 50 menit lamanya, rombongan barisan paling depan masuk garis finish di lapangan Samudra. Bupati dan rombongan langsung naik ke atas pentas, lalu mengajak puluhan ribu peserta melakukan gerakan peregangan otot yang dipandu Kepala UPTD TK/SD Ke camatan Sempu, Siswanto.

Ketua Panitia Jalan Sehat, Hadi Kusairi mengatakan, kegiatan yang sangat spektakuler tersebut tak lepas dari kekompakan panitia dari Jawa Pos Radar Banyuwangi, JTV, Muspika Sempu, serta semua pihak di Ke camatan Sempu. “Jadi ini adalah hasil kerja kita semua dan kekompakan kita semua,” tandasnya. Sementara itu, membeludaknya peserta jalan sehat langsung membuat bupati me nambah doorprize.

Tidak tanggung-tanggung, Bupati Anas langsung membagikan sepuluh ekor kambing. “Oke, saya tambah 10 ekor kambing,” tandasnya. Bupati Anas mengatakan, ke giatan jalan sehat dengan mengambil rute-rute per kampungan adalah ide cerdas. Sebab selain bisa melakukan olah raga, melalui kegiatan tersebut para peserta juga bisa langsung bertemu dengan masyarakat di perkampungan.

“Ini ide Radar Banyuwangi ini cerdas sekali, dan saya sangat mendukungnya,” tandas bupati di sambut aplaus puluhan ribu hadirin. Anas berharap, kegiatan jalan sehat Mlebu Kampung se ma cam itu bisa digelar di kecamatan lain secara bergiliran selama beberapa bulan sekali. ’’Kalau perlu kegiatan semacam ini digelar dua bulan sekali,’’ katanya.(radar)

Loading...