Bendung Tablet, Koran Disarankan Tiru Majalah

0
376
CEO RAK HAARETZ: Grig Davidovitz, pembicara dari Israel, saat paparan di Newsroom Group di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

JADWAL kegiatan Publish Asia 2012 yang dihelat WAN-IFRA (asosiasi koran sedunia) sangatlah padat. Hampir seluruh hall di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) di Nusa Dua, Bali, itu sibuk sejak pukul 09.00 Wita pagi hingga malam hari.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Sekadar diketahui, arena BNDCC memiliki lima hall dengan kapasitas yang berbeda. Ruangan yang paling besar bernama ballroom 5. Ruangan ini mampu menampung 700 delegasi dengan posisi duduk roundtable. Ada sekitar seratus meja yang masing-masing diisi delapan kursi.

Semua anggota delegasi hanya berkumpul di ballroom 5 tersebut pada saat acara tertentu, misalnya seremoni pembukaan, galadinner, diskusi umum, dan penyerahan penghargaan untuk pemenang award. Selain mengikuti beberapa acara general tersebut, masing-masing kelompok juga akan mengikuti diskusi dan pemaparan materi dari narasumber di ruang pertemuan tersendiri.

Nah, kelompok kami yakni group Newsroom yang beranggota para chief editor (pemimpin redaksi) dan managing editor (redaktur pelaksana) mendapat “ruang kelas” di ballroom 2. Ada sekitar 150 anggota kelompok Newsroom. Mereka berasal dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, India, Hongkong, China, Jepang, Korea Selatan, Australia, Uni Emirat Arab, dan ada pula yang berasal dari Israel.

Ada juga anggota kelompok yang datang dari Inggris, Denmark, Swedia, dan Kanada. Dalam sehari, rata-rata kelompok kami mengikuti tujuh sesi pemberian materi. Lantaran ini pertemuan internasional, pengantar yang diberikan pemateri dan dialog menggunakan bahasa Inggris. Tentu saja dialek bahasa Inggris yang digunakan berbeda-beda sesuai lidah masing-masing peserta.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last