Bertandinglah dengan Fair Play

  • Bagikan

SIANG ini, kompetisi futsal antar akan ditabuh di lapangan futsal Agrowisata Alam Indah Lestari (AIL) Rogojampi. Even yang digelar berkat kerja sama AIL dan Radar Banyuwangi beserta sejumlah sponsor itu mempertandingkan kelompok pelajar; mulai SD, SMP dan SMA, serta umum (klub, mahasiswa, maupunnstansi). Pertandingan akan digelar mulai siang hari hingga malam hari.

Futsal merupakan olahraga cabang dari sepak bola. Orang awam biasanya menyebut sepak bola mini. Pemainnya terdiri dari lima orang (satu kiper, empat pemain depan). Sejumlah aturan dalam sepak bola juga diterapkan dalam futsal. Seperti tendangan penalti dan endangan penjuru. Ada juga aturan sepak bola yang tidak ada di futsal. Seperti of  side, wasit tengah, dan tendangan gawang. Karena itu, bila tidak mengetahui aturan main futsal, pemain sepak bola juga akan kesuitan bermain futsal.

Meski lapangan yang digunakan amat mini, namun olahraga ini butuh stamina lebih dibanding sepak bola. Pasalnya, pemain akan terus berlarian hingga pluit dibunyikan wasit. Tidak ada waktu istirahat bagi pemain. Bandingkan dengan permainan sepak bola.

Ketika bola berada di depan, maka ada waktu istirahat bagi pemain belakang, meski harus tetap waspada. Karenatu, dalam permainan futsal, jumlah pergantian pemain tidak dibatasi. Pemain cadangan bisa seenaknya menggantikan pemain inti. Mirip dengan aturan main dalam olahraga basket dan voli.

Kompetisi futsal di AIL akan menggunakan sistem gugur. Di mana setiap tim yang menang berhak lolos ke babak berikutnya. Sedang kiprah tim yang kalah otomatis terhenti. Dengan sistem seperti ini, pemain akan lebih ngotot untuk memenangkan pertandingan.

Karena itu, dalam setiap pertandingan rawan terjadi gesekan antar pemain. Jika begitu, aturan dalam permainan harus benar-benar ditegakkan. Salah satunya adalah, dalam kompetisi futsal yang resmi, pemain yang terkena kartu kuning akan mendapat denda uang. Nah, jika hal ini diberlakukan di turnamen futsal di AIL, maka tingkat gesekan antar pemain dan pelanggaran terhadap pemain lawan akan dapat diminimalisasi. Dengan begitu akan tercipta pertandingan yang menjunjung tinggi fair play. Akhirnya, selamat bertanding. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: