Budaya Islami Warnai Jam Pelajaran

0
285
ISLAMI: Siswi mengikuti salat Dhuha berjamaah di SMPN 3 Genteng.

GENTENG – Pada awal berdirinya, para penggagas SMPN 3 Genteng mempunyai suatu pertimbangan untuk membangun sekolah negeri yang bernuansa pesantren.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Karena itu, mereka memilih Dusun Jalen sebagai tempat yang tepat untuk mewujudkan harapan tersebut. Sejak berdiri tahun 2002 silam, penggagas mempunyai keinginan mewujudkan suasana sekolah yang berbudaya Islami.

Berangkat dari keinginan tersebut, siswa disambut dengan senyum dan salam guru dan kepala sekolah di pagi hari. Kegiatan ini penting untuk memahami kondisi siswa, sekaligus menyadarkan siswa bahwa mereka telah berada dalam lingkungan sekolah. Karena itu, mereka siap melaksanakan tugasnya yaitu belajar dan menuntut ilmu.

Selanjutnya, siswa melaksanakan kegiatan salat Dhuha berjamaah serta membaca asmaul husna sebagai pembuka hati dan pikiran dalam mencari ilmu. Ini sekaligus bermanfaat mengendalikan perilaku yang menyimpang. Sekolah tersebut juga melaksanakan kegiatan istighotsah setiap Jumat pagi.

Kegiatan Jumat bersih yang dilaksanakan dua kali sebulan. Jumat bersih itu mengajak siswa terlibat dalam menjaga kebersihan, baik pribadi maupun lingkungan sekitarnya.

Kegiatan akhir pembelajaran, mereka dibiasakan untuk menutup belajar dengan doa dan berjabat tangan dengan guru. Selanjutnya mereka menutup pembelajaran di sekolah dengan melaksanakan kegiatan salat duhur berjamaah. ( radar )

Loading...