Buka Rute Laut BWI-Lombok

0
3298

Siapkan Dua Kapal, Beroperasi sebelum 31 Desember 2015


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KALIPURO –  Pelabuhan lndonesia (Pelindo) III Tanjung Wangi dan PT. Indonesia Ferry (Persero) ASDP menjajaki pembukaan rute pelayaran baru, dari Banyuwangi ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ditargetkan, rute laut Banyuwangi-Lombok NTB tersebut mulai beroperasi sebelum tanggal 31 Desember 2015 ini.

General Manajer PT. Pelindo III Tanjung Wangi, Bangun Swastanto. menuturkan rencananya ada dua kapal jenis roro yang dioperasikan, yakni kapal milik PT. Gelora Kaltim dan kapal PT. ASDP. Bangun menambahkan, ASDP sudah bersedia menarik satu kapal yang selama ini beroperasi di Pelabuhan Merak.

Masing-masing satu kapal akan ditempatkan di Pelabuhan Tanjung Wangi dan Pelabuhan ASDP Ketapang. “Target, sebelum 31 Desember 2015 rute pelayaran Banyuwangi-NTB sudah dibuka,” tuturnya. Rute pelayaran ke Lombok perlu dibuka demi menghemat waktu perjalanan, mengingat selama ini banyak komoditas barang yang dikirim dari Pulau Jawa ke lndonesia Timur melalui jalur laut.

Sementara itu, perjalanan ke NTB membutuhkan waktu lama karena harus menyeberangi Selat Bali selama satu jam. Perjalanan darat di Pulau Bali kurang lebih memakan waktu 3-4 jam, lalu menyeberangi Selat Lombok selama 5 jam. Kalau sudah ada kapal yang beroperasi, rute laut dari Banyuwangi-Lombok sejauh 152 mil hanya ditempuh dengan waktu 10 jam.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last