Bus Hajar Espass, 4 Luka-Luka

0
2339

busKecelakaan Maut di Jalan Raya Kalibaru

KALIBARU – Jalur maut di jalan raya Dusun Tegalpakis, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru makan korban, kemarin. Kendaran Daihatsu Espass berpenumpang 12 orang bertabrakan dengan bus Ladju. Tidak ada korban jiwa dalam insiden laka lantas pukul 14.30 tersebut. Satu penumpang Espass mengalami luka berat, lima luka sedang, dan enam orang menderita luka ringan. Semua penumpang Espass tercatat sebagai warga Sukowono, Jember.

Dari pihak bus selamat semua. Sopir bus Sugeng Hartoyo asal Pasuruan juga tidak menderita luka. Demikian juga sopir pikap Espass, Andik S, 46, warga Sukowono, Jember, selamat dari maut. Untuk proses hukum lebih lanjut, sopir bus dan pengemudi Espass diamankan di Mapolsek Kalibaru. Diperoleh keterangan, kecelakaan terjadi pukul 14.30. Sebelumnya 12 penumpang Espass baru saja silaturahmi Lebaran di rumah kerabatnya dekat lokasi kecelakaan.

Mobil pikap bernopol B 9528 OS itu parkir di sebelah utara jalan. Begitu silaturahmi selesai, 12 orang itu naik mobil lagi kemudian balik ke Sukowono, Jember. ”Pikapnya parkir di utara jalan dengan posisi menghadap ke timur,’’ ujar Kapolsek Kalibaru AKP Suwanto Bari melalui Kanit Lantas Ipda Yulianto. Dari sinilah petaka terjadi. Begitu mobil tersebut hendak berputar ke kanan (ke arah Jember) dari arah barat melaju bus Ladju bernopol N 7472 UW yang disopiri Sugeng.

Kontan saja, melihat ada pikap melintang di tengah jalan dengan jarak yang hanya sekitar 10 meter dari posisinya, Sugeng, langsung mengerem keras dan membanting kendaraan ke kanan jalan untuk menghindari benturan Namun karena melihat pikap masih terus memutar, Sugeng kembali membanting kendaraannya ke kiri jalan untuk menghindari benturan yang lebih hebat. Upaya Sugeng ini sebenarnya nyaris membuahkan hasil. Sebab bagian depan kendaraannya dan pikap tidak saling benturan.

Namun, tanpa diduga justru bagian belakang bus membentur bagian tengah pikap. Sehingga akibat benturan tersebut, bus terperosok ke got utara jalan, sedang pikap terpental ke selatan jalan hingga mengakibatkan 12 orang mengalami luka. Sedang sopir bus dan pikap sama-sama selamat. Kini untuk kepentingan penyidikan, dua sopir berikut kendaraannya masing-masing diamankan di Mapolsek Kalibaru. “Masih kita lakukan pendataan sampai sekarang,” kata Yulianto. (radar)