Ciptakan Lingkungan Bersih

0
157
SOSIALISASI: (Dari kiri) Sekcam Banyuwangi Sudjiati Andriyani dengan Kepala Puskesmas Kertosari drg.Wahyu Primawati.

Puskesmas Kertosari Sukseskan Gemilang


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI-Kepanjangan dari Gemilang adalah Gerakan Masyarakat Mencintai Lingkungan. Gemilang adalah suatu kegiatan yang berbasis masyarakat untuk mengelola lingkungan fisik melalui upaya-upaya pemenuhan sanitasi dasar dan pemanfaatan pelayanan kesehatan secara optimal.

Salah satu fungsi Puskesmas sebagai pusat pemberdayaan masyarakat melalui program inovasi yang bernama Gemilang itu. “Diharapkan, Gemilang bisa memo-tivasi masyarakat untuk berlomba-lomba untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,’’ kata drg.Wahyu Primawati, Kepala Puskesmas Kertosari, Banyuwangi.

Sosialisasi beberapa hari lalu, yang dihadiri Sekcam Banyuwangi Sudjiati Andriyani bertujuan meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan yang bersih dan sehat.Selain itu, meningkatkan sanitasi per umahan dan rumah sehat. Tujuan lainnya adalah menurunkan angka kesakitan penyakit menular serta menurunkan angka kematian anak.

Lingkungan adalah segala sesuatu di sekitar kita, baik biotik maupun abio-tik 65 persen mempengaruhi derajat kesehatan di masyarakat. “Lingkungan merupakan faktor utama yang perlu diperhatikan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,’’ jelas Wahyu dalam sosialisasi tersebut.

Wahyu menambahkan, disadari atau tidak, manusia adalah faktor utama yang menentukan bentuk dan kualitas lingkungan. Mau seperti apa lingkungan kita, kata dia, tergantung perlakuan manusia terhadap lingkungan. “Dengan pengelolaan lingkungan yang baik dan terencana, maka dapat dipastikan kelestarian hidup dapat terwujud,” cetusnya.

Pengelolaan lingkungan dapat dilak-sanakan, antara lain dengan meng-hindari pencemaran lingkungan baik air, udara, dan tanah. “Mengelola lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, baik individu, swasta maupun pemerintah, sehingga perlu sinergi yang baik dalam mengelola lingkungan,’’ imbuhnya.

Beberapa langkah dalam mendukung program Gemilang, di antaranya akses jamban sehat, penampungan air bebas jentik, pengelolaan air, pengelolaan sampah, saluran resapan air limbah rumah tangga, dan rumah sehat. “Selain itu, pemanfaatan pelayanan kesehatan, lingkungan permukiman, dan tanaman apotik keluarga,” sebutnya. (radar)

Loading...