Dana PAUD 17 Miliar Cair Bulan Ini

0
617

dana-paud-17-miliar-cair-bulan-ini


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Selain dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk tingkat SD, pendidikan anak usia dini (PAUD) tahun ini juga memperoleh bantuan operasional penyelenggaraan PAUD (BOPP). Pemerintah menganggarkan dana sekitar 17,160 miliar untuk  membantu 976 PAUD.

Dari jumlah tersebut, 974 PAUD  berstatus swasta dan 2 PAUD lain  berstatus negeri. Dari jumlah itu,  rata-rata tiap siswa PAUD memperoleh bantuan sekitar Rp 50 ribu per bulan.  Namun, ada persyaratan yang harus  dipenuhi oleh PAUD sebelum memperoleh dana bantuan itu.

Kasubag Penyusunan Program (Sungram) Dinas Pendidikan Banyuwangi, Sumiyati, mengatakan PAUD yang memperoleh bantuan harus sudah terdaftar dan punya Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) Kementerian Pendidikan.   Kemudian di PAUD tersebut minimal ada 12 siswa dengan rentang usia 4 sampai 6 enam tahun. Selain itu, PAUD  tersebut minimal sudah berdiri selama   tiga tahun.

“Bulan ini dananya sudah cair. Anggarannya dari dana alokasi  khusus (DAK) pemerintah pusat. Dananya langsung ditransfer ke rekening sekolah dan dapat digunakan sesuai ketentuan,” ujar Sumiyati. Penggunaan BOP PAUD sesuai  petunjuk teknis yang diatur Permendikbud No. 2 Tahun 2016 dapat digunakan 50 persen untuk pembelajaran, seperti pembelian buku, kertas, krayon,   spidol, dan pertemuan orang tua dan  kunjungan ke rumah anak dalam rangka  bimbingan konseling.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last