Dana PAUD 17 Miliar Cair Bulan Ini

0
333

dana-paud-17-miliar-cair-bulan-ini


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Selain dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk tingkat SD, pendidikan anak usia dini (PAUD) tahun ini juga memperoleh bantuan operasional penyelenggaraan PAUD (BOPP). Pemerintah menganggarkan dana sekitar 17,160 miliar untuk  membantu 976 PAUD.

Dari jumlah tersebut, 974 PAUD  berstatus swasta dan 2 PAUD lain  berstatus negeri. Dari jumlah itu,  rata-rata tiap siswa PAUD memperoleh bantuan sekitar Rp 50 ribu per bulan.  Namun, ada persyaratan yang harus  dipenuhi oleh PAUD sebelum memperoleh dana bantuan itu.

Kasubag Penyusunan Program (Sungram) Dinas Pendidikan Banyuwangi, Sumiyati, mengatakan PAUD yang memperoleh bantuan harus sudah terdaftar dan punya Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) Kementerian Pendidikan.   Kemudian di PAUD tersebut minimal ada 12 siswa dengan rentang usia 4 sampai 6 enam tahun. Selain itu, PAUD  tersebut minimal sudah berdiri selama   tiga tahun.

“Bulan ini dananya sudah cair. Anggarannya dari dana alokasi  khusus (DAK) pemerintah pusat. Dananya langsung ditransfer ke rekening sekolah dan dapat digunakan sesuai ketentuan,” ujar Sumiyati. Penggunaan BOP PAUD sesuai  petunjuk teknis yang diatur Permendikbud No. 2 Tahun 2016 dapat digunakan 50 persen untuk pembelajaran, seperti pembelian buku, kertas, krayon,   spidol, dan pertemuan orang tua dan  kunjungan ke rumah anak dalam rangka  bimbingan konseling.

Kemudian, 35 persen dari dana itu dapat digunakan untuk kegiatan penunjang operasional PAUD, seperti pembelian buku administrasi, obat- obatan ringan/P3K, biaya pertemuan guru, transportasi kesehatan, dan penyediaan makanan sehat.

Sedangkan 15 persennya lagi digunakan untuk perawatan sarana dan prasarana ringan, seperti pengecatan dan langganan listrik atau telepon. “Untuk setiap lembaga memperoleh jumlah bantuan yang berbeda-beda. Di Banyuwangi paling tinggi PAUD memperoleh bantuan sekitar Rp 30 juta. Yang paling rendah ada yang  hanya sekitar dua juta lebih. Peraturannya sudah jelas untuk persyaratannya, selain itu  ada hitungan  persentase juga dari jumlah siswanya,”  imbuhnya.

Di Banyuwangi jumlah PAUD terbanyak ada di Kecamatan Muncar dengan 74 lembaga. Menyusul 69 lembaga di Kecamatan Genteng dan 66 di Kecamatan Banyuwangi. “Ke depan kita harap ada tambahan bantuan. Jika merujuk seluruh jumlah yang ada, kita butuh sekitar Rp 8 miliar lagi. Bantuan semacam ini  tidak setiap tahun ada, karena itu  kita juga dorong sekolah supaya cepat  membuat laporan supaya tahun depan bisa dapat lagi,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Sulihtiyono menjelaskan, bantuan tersebut diharapkan bisa meningkatkan minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di PAUD. Sebab, pendidikan di usia PAUD dan TK adalah masa pembentukan golden age pada seorang  anak.

“Kita harap tidak ada diskriminasi lagi untuk pendidikan PAUD, karena mereka juga bisa mengembangkan diri dengan bantuan yang ada. Jadi tidak hanya SD, SMP dan SMA saja yang memperoleh bantuan. Bulan November ini semua bantuan sudah terdistribusi,”  terang Sulih. (radar)

Loading...

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Yuk gan segera order Rack Server DATEUP RACK PERTAMA DAN SATU SATU NYA DI INDONESIA Dengan desain yang sangat bagus…
08/21/2018
Surabaya

Baca Juga :