Dinas Kelautan Tebar Ribuan Ikan di Desa Yosomulyo

0
361
TEBAR IKAN: Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Ir. Pudjo Hartanto, menebar ikan di dampingi Kepala Desa Yosomulyo, Didik Kartika, dan jajaran Muspika Gambiran kemarin.
TEBAR IKAN: Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Ir. Pudjo Hartanto, menebar ikan di dampingi Kepala Desa Yosomulyo, Didik Kartika, dan jajaran Muspika Gambiran kemarin.

GAMBIRAN – Dinas Kelautan dan Perikanan Banyuwangi terus berusaha mensukseskan gerakan 10 ribu kolam ikan di pekarangan rumah warga yang dicanangkan Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas, beberapa waktu lalu. Rabu (12/12) lalu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Banyuwangi Ir. Pudjo Hartanto turun langsung ke Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran, untuk melakukan kegiatan tebar ikan sebanyak 40 ribu ekor di sungai perairan umum.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Loading...

Selain menyerahkan bantuan di Desa Yosomulyo, Pudjo diampingi jajaran Muspika Gambiran, juga menyerahkan bantuan 70 ribu ekor ikan untuk ditebar ke kolam pekarangan warga di semua desa di Kecamatan Gambiran. Kepala Bidang Perikanan dan Budidaya pada Dinas Kelautan dan Perikanan, Suryono Bintang Samudra mengatakan, pemberian bantuan sekaligus kegiatan tebar ikan tersebut adalah bagian untuk mensukseskan program 10 ribu kolam ikan yang dicanangkan Bupati Abdullah Azwar Anas. Pihaknya berharap, dengan penebaran ikan di perairan sungai umum di Desa Yosomulyo, bisa membuat lingkungan sungai menjadi lestari sekaligus menambah pemasukan ekonomi masyarakat setempat.

Apalagi belakangan banyak ikan di sungai yang habis karena ditangkap dengan cara yang dilarang. Misalnya dengan cara disetrum dan sebagainya,” tuturnya. Begitu juga dengan bantuan ikan untuk ditebar di kolam pekarangan warga, diharapkan bisa menambah pendapatan masyarakat. Apalagi belakangan tangkapan ikan di laut semakin surut. Dengan program gerakan 10 ribu kolam yang memanfaatkan pekarangan ini, diharapkan mampu meingkatkan produksi perikanan khususnya budidaya ikan tawar. “Dengan begitu juga bisa membantu pendapatan warga melalui usaha ini,” pungkasnya. (radar)