Diwisuda, Taruna AKABA Sudah Bekerja

0
1056

diwisudaBANYUWANGI- Akademi Kelautan Banyuwangi (AKABA) melepas 21 taruna lulusan di awal tahun 2014 ini. Sebanyak 17 taruna lulusan Program studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan (KPNK) mengikuti prosesi wisuda, kemarin (30/1). Sedangkan empat lulusan tidak hadir, karena telah bekerja di perusahaan pelayaran di luar Pulau Jawa. Upacara wisuda dilakukan di halaman kampus AKABA di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro.

Prosesi yang disaksikan seluruh orang tua lulusan itu berlangsung khidmat. Acara tersebut dihadiri pejabat Pangkalan TNI AL Banyuwangi dan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Wangi. Ketua dan Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Banyuwangi (YPTB) serta Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi Drs. Dwi Yanto juga hadir.

Ada juga Kepala UPP Kelas III Ketapang, General Manajer PT ASDP Indonesia Fery Ketapang, Pengurus INSA, Ketua Gapasdap, Camat Kalipuro nurhadi dan Kepala Desa Ketapang Slamet. Tak ketinggalan, ketua senat dan civitas akademika AKABA, para kepala sekolah SD, SMP, dan SMK Negeri 1 Kalipuro. Direktur AKABA Ir. Andi Dachlan Sadly menyampaikan penghargaan dan selamat kepada para wisudawan atas ketekunan, keuletan, dan keberhasilan mereka dalam menyelesaikan program studinya.

“Saya percaya, kerja keras dan konsisten selama belajar di Akademi Kelautan Banyuwangi merupakan pengalaman yang sangat bermanfaat untuk meniti karier di lapangan kerja,” kata Direktur AKABA dalam kata sambutannya, kemarin. Andi berpesan kepada lulusan AKABA bahwa mereka merupakan bagian dari potensi insani yang sangat diharapkan untuk meneruskan pembangunan.

Terutama dalam bidang kelautan. “Keberhasilan itu hanya dapat dicapai dengan disiplin, motivasi, kerja cerdas secara sistematik dan ketangguhan lahir batin,” tegasnya. Saat ini, lanjut Andi, satu-satunya pendidikan tinggi di Banyuwangi yang mencetak sumber daya manusia (SDM) pada bidang kelautan adalah AKABA. Di tengah keterbatasan fasilitas, AKABA tetap bersemangat untuk terus mengembangkan diri. Tahun ini, AKABA akan membuka program studi baru yang meliputi Prodi Nautika, Teknika, serta Teknik Kelistrikan Kapal. Saat ini persiapan sudah mencapai 80 persen. (radar)

Baca :
Tiga Pesan Bupati Anas pada Guru di Banyuwangi

Lanjutkan Membaca : 1 | 2