Berita Terkini Seputar Banyuwangi

DPRD Bedol Desa ke Bali

Menginap di Hotel Dekat Pantai Kuta

BANYUWANGI – Masyarakat Kota Gandrung yang ingin mengadu ke DPRD tampaknya harus ditunda dulu. Sebab, mulai hari ini hingga Rabu (4/9) mendatang, semua wakil rakyat yang terhormat tidak akan datang ke kantornya di Jalan Adi Sucipto, Banyuwangi. Sebanyak 50 anggota DPRD akan bedol desa ke Bali untuk mengikuti kegiatan bimbingan dan teknik (bimtek). “Saya telah dihubungi oleh sekretariat kalau berangkatnya (bimtek ke Bali, Red) itu besok,” cetus wakil ketua DPRD Banyuwangi H. Joni Subagio.

Hanya saja, Joni mengaku lupa dengan agenda kegiatan bimtek tersebut. Sebab, dirinya masih berada di luar kota. “Saya masih ada kegiatan di Surabaya. Coba tanya ke sekretariat saja,” saran Ketua DPC PKB Banyuwangi itu kepada koran ini. Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Banyuwangi Ismoko menyebut, kegiatan bimtek dilaksanakan di salah satu hotel yang ada di kawasan Kuta, Bali “Besok (hari ini) kita berangkat, jadwal untuk chek in pukul 14.00,” aku politisi dari Partai Golkar tersebut.

Kegiatan bimtek yang akan dilaksanakan hingga Rabu mendatang ini, lanjut dia, untuk mempelajari tentang penguatan pembahasan anggaran pada tahun anggaran 2014. “Bimtek yang kita laksanakan ini, khusus mempelajari masalah anggaran untuk 2014,” jelasnya. Dia menyebut, pada tahun anggaran 2014 mendatang, proses penganggaran dan pelaporan ada perbedaan yang cukup signifikan dibanding tahun anggaran sebelumnya.

Makanya, ini yang akan dibahas secara tuntas oleh para anggota dewan dalam bimtek. “Semua anggota dewan (50 orang) akan ikut,” ujarnya blakblakan. Untuk tahun anggaran 2014 mendatang, jelas dia, akan diberlakukan anggaran berbasis kinerja. Dengan program ini, mulai tahun depan penggunaan anggaran harus ada laporan setiap harinya. “Setiap penggunaan anggaran, harus ada pelaporan langsung,” katanya. Dengan mendatangkan nara sumber dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI dan instansi terkait lainnya, dalam bimtek ini para wakil rakyat juga akan belajar mengenai proses penganggaran dan hibah. “Yang jelas semuanya terkait dengan penganggaran,”tandasnya. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE