The Latest Collection of News About Banyuwangi
English VersionIndonesian

Construction of the Probolinggo-Banyuwangi Toll Road Phase I Targeted Completion 2024

Register your email to Subscribe to news delivered directly to your mailbox

JAKARTA, KOMPAS.com – Minister For Public Works and Human Settlements (PUPR) memulai pembangunan ruas Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi tahap I Probolinggo hingga Besuki sepanjang 49,68 km.

Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama (groundbreaking) by Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Kelurahan Pendil, Kecamatan Suko, Probolinggo District, East Java Province, Monday (6/2/2023)

Basuki mengatakan, Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi dengan total panjang 175,40 km merupakan ruas pamungkas dari Jalan Tol Trans Jawa yang sebelumnya sudah tersambung dari Banten, Jawa Barat hingga Probolinggo Timur, East Java.

Ini bagian akhir Tol Trans Jawa yang tersambung dari ujung Barat hingga ujung Timur Pulau Jawa. Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Probolinggo-Banyuwangi sudah dilaksanakan sejak 2017 then. Hari ini kita mulai kembali untuk yang sudah siap secara teknis dengan nilai investasi sebesar Rp10,7 triliun, yakni ruas Probolinggo-Besuki,” kata Basuki dalam keterangannya, Monday.

Read too: Tol Cisumdawu Bisa Dipakai Mudik 2023

Basuki meminta kontraktor dan konsultan melakukan pengawasan dan memerhatikan kualitas, estetika, dan keberlanjutan lingkungan.

Ia juga berpesan kepada kontraktor pelaksana yang melakukan pembangunan untuk memaksimalkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Gunakan produk dalam negeri untuk TKDN kita, dilarang impor, produk-produk infrastruktur dalam negeri harus dimanfaatkan. Dengan terus dibeli, seperti lead rubber bearing, maka produk-produk tersebut akan semakin berkembang,” Basuki said.

Read too: Profil Tol Lingkar Solo, Proyek Idaman Gibran yang Ditolak Para Bupati

Tol ProbolinggoBanyuwangi ditarget rampung 2024

Meanwhile, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, pembangunan ruas tol ini ditargetkan rampung pada tahun 2024.

Penyelesaian ruas Tol Probolinggo-Banyuwangi menjadi penting karena selain bagian akhir dari Trans Jawa juga membantu pengembangan aktivitas pariwisata, baik di Jawa Timur maupun Bali,” kata Danang.

Read too: Jalan Tol Akses Patimban Mulai Dibangun, Target Completed 2024

Dua tahap pembangunan

On the same occasion, President Director of PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) Adi Prasetyanto mengatakan, pembangunan jalan tol tersebut terbagi menjadi dua tahap pembangunan.

Tahap I menghubungkan Probolinggo hingga Besuki sepanjang 49,68 km.

Tahap II menghubungkan Besuki hingga Banyuwangi sepanjang 125,72 km.

Adi mengatakan, pembangunan Tahap I ini terbagi atas 3 paket pekerjaan konstruksi yaitu Paket 1 Gending- Kraksaan (12,88 Km) dengan progres pembebasan lahan sebesar 92,02 percent.

Paket 2 Kraksaan – Paiton (11,20 Km) dengan progres pembebasan lahan 89,67 persen dan Paket 3 PaitonBesuki (25,60 Km) dengan progres pembebasan lahan 28,48 percent.

Dengan progres lahan tersebut, kami siap mulai konstruksi Paket 1 dan Paket 2 secara bersamaan di awal Februari 2023 ini yang disusul oleh konstruksi Paket 3 di pertengahan Februari 2023,” said Adi.


source