Gandeng Damandiri, Berdayakan Masyarakat Berbasis Masjid

0
257

GENTENG – Sebagai wujud dharma bakti perguruan tinggi, yaitu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibrahimy terus berupaya mendorong para dosen untuk melakukan penelitian dengan mengakses peluang yang ada di Kementerian.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

STAI Ibrahimy baru sedikit bisa mengalokasikan dana untuk sekadar mendorong para dosen melakukan penelitian. Sejauh ini ada beberapa dosen yang telah melakukan penelitian dan sebagian hasilnya dimuat dalam jurnal ilmih Ar-Risalah dan media.

Setahun terakhir, bersama perguruan tinggi (PT) lain di Banyuwangi, STAI Ibrahimy telah menjalin kerjasama dengan Pemkab Banyuwangi. Kerja sama ini melalui Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Banyuwangi untuk melakukan penelitian dengan tema yang disesuaikan dengan ciri khas masing-masing PT. Dalam bidang pengabdian masyarakat, kegiatan ini cukup banyak dilakukan dilakukan di institusi ini.

Misalnya, melalui lembaga penelitian masyarakat. Beberapa tahun terakhir telah dilakukan pengabdian masyarakat di desa tertentu, melalui program pos pemberdayaan keluarga berbasis masjid. “Program ini merupakan kerjasama antara STAI Ibrahimy Genteng dengan Yayasan DAMANDIRI, Jakarta dan UIN Maliki, Malang, “ kata Ketua STAI Ibrahimy, Drs. H. Moh. Hasyim, MM, M.Pd.

Program ini secara teknis berbentuk pemberdayaan dalam hal pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan hidup. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengfungsikan masjid, tidak sebatas hanya sebagai ibadah ritual. Tapi juga sebagai tempat pemberdayaan umat.

Hingga 2012 ini, lanjut Hasyim, sudah ada 22 masjid yang tersebar di 22 desa di Kabupaten Banyuwangi, yang menjalin kerjasama dengan STAI Ibrahimy,” sebutnya. Di sisi lain, Hasim juga menyebutkan, bahwa selama lima tahun terakhir STAI Ibrahimy, telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jatim untuk menyelenggarakan program peningkatan mutu guru Madrasah Diniah (Madin).

Program ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada guru madin, dari sejumlah pondok pesantren di Banyuwangi, untuk menempuh study S1 di STAI Ibrahimy,” pungkasnya. (radar)

Loading...