Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Hukum  

Gembosi Ban, Sikat Rp 10 Juta

gembosiMUNCAR – Serangkaian aksi kejahatan yang khusus mengincar nasabah bank terjadi di wilayah Banyuwangi Selatan kemarin (18/9). Modusnya adalah menggembosi ban mobil, kemudian komplotan pelaku merampas uang saat nasabah mengganti ban. Aksi perampasan pertama terjadi di Muncar pukul 10.30 kemarin. Kali ini korbannya adalah seorang nasabah Bank BRI Muncar. Korban bernama Suyono, 40, warga Desa Bagorejo, Kecamatan Srono.

Dari tangan korban, dua pelaku tersebut berhasil menggondol uang Rp 10 juta. Selain itu, beberapa ponsel milik korban juga amblas dirampas pelaku. Belakangan diketahui, pelaku adalah Supriyadi, 38, warga Desa/Kecamatan Tegalsari, dan Satimin, 40, yang beralamat di Ploso Wayu, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan. Komplotan tersebut biasa menggunakan modus menggembosi ban kendaraan nasabah bank.

Siang itu mereka mengincar mo bil Daihatsu Terios bernopol P 1083 VM yang dikendarai Suyono yang baru saja mengambil uang di Bank BRI di Desa Tembok rejo, Kecamatan Muncar. Rupanya, komplotan tersebut sudah memasang potongan kawat di ban mobil itu. Se telah korban mengambil uang di bank, para pelaku membuntuti kendaraan tersebut  Sekitar dua kilometer dari bank, tepatnya di Dusun Pa lu rejo, Desa Tembokrejo, men da dak ban belakang bagian kiri mo bil tersebut kempis.

Mengetahui ban kempis, Suyono keluar dari mobil untuk mengecek kondisi ban. Tanpa pikir panjang, korban langsung mengganti ban yang kempis itu dengan ban serep. Nah, saat Suyono mengganti ban, tiba-tiba pintu mobil paling depan dibuka orang tidak di kenal. Begitu mendengar suara pintu mobil dibuka, korban spontan mengecek. Ternyata komplotan pelaku itu sudah melarikan diri menggunakan motor Honda Tiger warna hitam bernopol P 2777 VN.

Suyono menceritakan, saat kejadian, posisinya sedang mendongkrak ban yang kempis. ‘’Tahu-tahu terdengar orang membuka pintu mobil bagian kanan,” katanya. Karena curiga, Suyono pun segera keluar dari bawah kolong mobil tersebut. Setelah dicek, ter nyata uang yang ditaruh dalam tas tersebut sudah lenyap. “Saya lihat, mereka sudah kabur kira-kira 50 meter,” terangnya di temui koran ini kemarin.

Meski sempat lolos, pelaku ter sebut tertangkap di Desa/Kecamatan Tegalsari oleh Pol sek Gambiran. Pada penggerebekan itu, polisi juga menangkap seorang pelaku lain bernama Sudarisman, 34, yang tinggal di Kelurahan Wonosolem, Kabupaten Jombang. Belakangan diketahui, usai beraksi di Muncar, mereka hendak melakukan aksi serupa ter hadap nasabah bank di wilayah Kecamatan Gambiran.

Namun, niat jahat mereka gagal. Polisi terpaksa melepaskan timah pa nas kepada dua pelaku karena di anggap hendak melarikan diri. Dua pelaku yang ditembak di paha kanan itu yang berasal dari luar Banyuwangi. ‘’Kita lepaskan tembakan karena pelaku berusaha melarikan diri,’’ tegas Kapolsek Gambiran, AKP Ibnu Mas’ud. Sementara itu, aparat Polsek Muncar menggelandang satu pelaku untuk mencari barang bukti. Sebab, barang bukti be rupa tas korban tersebut dibuang di sebuah sungai di Desa Kembiritan, Kecamatan Gen teng. Namun, tas tersebut belum ditemukan. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE