Gerakan Pramuka Bentuk Kepribadian

0
157

pramukaBANYUWANGI-Jiwa muda adalah jiwa di mana jiwa yang penuh semangat dan haus akan kegiatan yang menarik dan menantang. Begitu juga Pramuka. Sebenarnya dalam Pramuka, ada banyak kegiatan menarik yang dapat mengasah berbagai kemampuan anggotanya, baik kemampuan fi sik maupun mental.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Belajar sambil melakukan sebanyak mungkin kegiatan praktik secara praktis. Setiap kegiatan kepramukaan dalam bentuk pendidikan keterampilan dan berbagai pengalaman yang bermanfaat bagi anggota. “Itu adalah salah satu fungsi kepramukaan. Selama ini, Pramuka hanya dikesankan tepuk tangan, kemah, dan hura-hura. Padahal ada pendidikan karakter di dalam gerakan Pramuka, termasuk di dalam lingkungan kemasyarakatan,” terang Drh. Budianto, Wakil Ketua Kwarcab Banyuwangi Bidang Bina Muda, kemarin.

Loading...

Mantan kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi itu mengatakan, dengan mengikuti Pramuka, perhatian anggota selalu ingin berbuat hal-hal nyata. Selain itu, mampu merangsang agar timbul keingintahuan terhadap hal-hal baru. “Memacu berpartisipasi aktif dalam segala kegiatan, baik dalam gerakan Pramuka maupun di dalam lingkungan kemasyarakatan, merupakan tujuan dari belajar sambil melakukan,” cetusnya.

Ditambahkan, gerakan Pramuka sebenarnya banyak ditiru oleh kelompok atau organisasi lain yang dikemas dengan kegiatan di alam terbuka atau out bond. Itu dikarenakan pendidikan kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia. ”Oleh karena itu, kami mengimbau kepada pembina Pramuka untuk menggiatkan peserta didiknya untuk melaksanakan perkemahan, penjelajahan, dan petualangan di gugus depannya,” imbaunya. (radar)

Loading...