Inovasi PKK Purwodadi Bikin PKK Jatim Kesengsem

0
1387
Ketua TP PKK Banyuwangi Ny Ipuk Festiandai Azwar Anas dan Sekretaris TP PKK Jatim Ida Kardani panen buah naga di Desa Purwodadi, Kecamatan Gambiran kemarin.
Ketua TP PKK Banyuwangi Ny Ipuk Festiandai Azwar Anas dan Sekretaris TP PKK Jatim Ida Kardani panen buah naga di Desa Purwodadi, Kecamatan Gambiran kemarin.

BANYUWANGI – Inovasi Tim Penggerak PKK Desa Purwodadi, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, masuk nominasi 10 besar terbaik inovasi 10 Program PKK tingkat Provinsi Jawa Timur. Mengusung tema ”Hatinya PKK Menuju Bengkel Sakinah”.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Program ini mengajak warga untuk memanfaatkan tanah pekarangan untuk dikelola secara terpadu dengan berbagai jenis tanaman obat keluarga (Toga) dengan spesialisasi buah naga.

Ketua TP PKK Kabupaten Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas menyatakan, inovasi Desa Purwodadi ini inovasi yang kreatif, dengan mengajak warganya memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami buah naga yang bisa memiliki nilai ekonomi.

”Karena hasil dari buah naga ini, selain bisa dikonsumsi sendiri juga bisa dijual untuk tambahan peningkatan ekonomi keluarga. Di sini, semua lahan pekarangan warga sudah ditanami buah naga. Sehingga desa ini mendapat julukan sebagai kampung naga,” kata Ny Dhani Azwar Anas.

Karena disebut kampung naga, kata Dhani, tidak hanya pekarangan, bahu jalan pun dimanfaatkan warga untuk menanam buah naga. Hasilnya bukan untuk dinikmati, tetapi dibuat membantu warga yang kurang mampu dengan memberi modal hasil penjualan buah naga di pinggir jalan.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last