Inovasi PKK Purwodadi Bikin PKK Jatim Kesengsem

0
450
Ketua TP PKK Banyuwangi Ny Ipuk Festiandai Azwar Anas dan Sekretaris TP PKK Jatim Ida Kardani panen buah naga di Desa Purwodadi, Kecamatan Gambiran kemarin.

BANYUWANGI – Inovasi Tim Penggerak PKK Desa Purwodadi, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, masuk nominasi 10 besar terbaik inovasi 10 Program PKK tingkat Provinsi Jawa Timur. Mengusung tema ”Hatinya PKK Menuju Bengkel Sakinah”.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Program ini mengajak warga untuk memanfaatkan tanah pekarangan untuk dikelola secara terpadu dengan berbagai jenis tanaman obat keluarga (Toga) dengan spesialisasi buah naga.

Ketua TP PKK Kabupaten Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas menyatakan, inovasi Desa Purwodadi ini inovasi yang kreatif, dengan mengajak warganya memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami buah naga yang bisa memiliki nilai ekonomi.

”Karena hasil dari buah naga ini, selain bisa dikonsumsi sendiri juga bisa dijual untuk tambahan peningkatan ekonomi keluarga. Di sini, semua lahan pekarangan warga sudah ditanami buah naga. Sehingga desa ini mendapat julukan sebagai kampung naga,” kata Ny Dhani Azwar Anas.

Karena disebut kampung naga, kata Dhani, tidak hanya pekarangan, bahu jalan pun dimanfaatkan warga untuk menanam buah naga. Hasilnya bukan untuk dinikmati, tetapi dibuat membantu warga yang kurang mampu dengan memberi modal hasil penjualan buah naga di pinggir jalan.

”Kami terkejut dengan inovasi ini. Ini bisa menjadi percontohan bagi kader PKK lain untuk berinovasi lain dengan tujuan menyejahterakan masyarakat,” katanya.

Untuk melihat langsung inovasi ini, Tim Penilai Lomba pelaksana terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Jawa Timur, Selasa (12/12) datang ke desa tersebut. Tim yang diketuai Sekretaris TP PKK Provinsi Jawa Timur Ida Kardani didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengunjungi Kampung Naga. Tim juga sempat melakukan petik buah naga di kebun warga.

Ida mengatakan, setiap tahun Tim PKK Provinsi Jatim selalu evaluasi pelaksana terbaik 10 program pokok PKK dari 28 kota/kabupaten. Macam-macam inovasi yang diajukan daerah ke provinsi. ”Inovasi Hatinya PKK Menuju Bengkel Sakinah sangat menginspirasi. Apalagi, setelah kami melihat langsung masyarakat bisa merasakan manfaatnya sangat terasa,” kata Ida.

Hasil penilaian ini, kata dia, akan diumumkan Januari 2018 nanti.  ”Kalau Banyuwangi yang terbaik, pastinya akan kami bawa lagi mewakili Tim Penggerak PKK Jawa Timur ikut lomba 10 program PKK tingkat nasional,” janjinya.

Ketua TP PKK Desa Puwodadi Tutut Anjarwati Suyanto menambahkan, program yang memanfaatkan pekarangan sekitar rumah warga ini, dimulai tahun 2015.  Selain buah naga, ada beberapa jenis nama kelompok pemanfaatan pekarangan yang dilakukan di desa ini.

Di antaranya pekarangan lumbung hidup, pekarangan yang ditanami dengan jenis tanaman yang mengandung karbohidrat. Seperti ketela pohon, jagung, talas, ketela rambat, dan umbi-umbian. Pekarangan warung hidup, pekarangan yang ditanami jenis sayu-sayuran dan buah-buahan.

Seperti cabai, tomat, terung, pepaya, dan lain-lain. Pekarangan peternakan, perikanan, dan pekarangan tanaman keras. Tanah pekarangan ini biasa ditanami jenis tanaman keras seperti rambutan, jambu biji, sirsak, dan lainnya.

”Dari hasil pencatatan kader dasawisma dapat diketahui, sebesar 85 persen yaitu, 1.825 rumah dari total 2.179 rumah yang telah memanfaatkan lahan pekarangan ini. Mereka terbagi 477, memanfaatkan lahan untuk peternakan, 359 warung hidup, 471 toga, dan 849 tanaman keras. Sisanya perikanan,” kata Tutut.

Selain program Hatinya Purwodadi juga memiliki ada program Bengkel Sakinah. Sebuah program pojok curhat dan pendampingan kepada masyarakat tentang pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Juga target masyarakat bebas ODF dan merdeka dari sampah.

Sebelum mendatangi desa tersebut, tim yang dipimpin Sekretaris TP PKK Provinsi Jawa Timur Ida Kardani diterima Bupati Abdullah Azwar Anas dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas di Pendapa Shaba Swagata Blambangan.(radar)

Loading...

Baca Juga :