ITdBI Dijaga 10.180 Personel

0
216
International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2017

BANYUWANGI – Petugas gabungan dari kepolisian, TNI AD, TNI AL, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan satuan linmas akan disiagakan di 2.821 titik pengamanan selama berlangsungnya acara International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2017.

Tidak tangung-tanggung, jumlah petugas gabungan yang dilibatkaan dalam pengamanan rute di empat etape jumlahnya mencapai 10.180 personel. Kabag Ops Polres Banyuwangi Kompol Syamsudin mengatakan, personel pengamanan tersebut melibatkan semua unsur pengamanan.

Rute dan Pengamanan ITdBI

Tidak hanya kepolisian, tapi juga TNI AD, TNI AL, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Satuan Linmas. “Seperti pada penyelenggaraan ITdBI sebelumnya, pelaksanaan pengamanan sudah mendapatkan nilai excellent. Oleh karena itu, tahun ini juga harus tetap exellent,” ungkapnya.

Loading...

Untuk itu, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah titik pengamanan dan pelibatan personel yang akan diterjunkan selama pelaksanaan ITdBI berlangsung. Termasuk juga melakukan antisipasi dengan mengimbau Kapolsek di masing-masing wilayah yang akan menjadi rute lTdBl supaya tidak memberikan izin keramaian, hajatan, atau kegiatan yang menggunakan jalan raya selama berlangsungnya kegiatan ITdBI tersebut.

“Kami sudah koordinasikan dengan Kapolsek dan Forpimka untuk tidak memberikan rekomendasi penutupan jalan, terutama pada jalan raya yang menjadi rute lTdBI,” tandasnya.

Pihaknya juga akan memastikan kembali terkait hal tersebut, agar jalur yang menjadi rute lTdBl tersebut benar-berat steril dari kegiatan masyarakat yang menggunakan jalun raya. Dalam pengamanan setiap etape, pihaknya akan menyiagakan personel di masing-masing ruas jalan dan titik yang sudah dipantau sebelumnya.

Pada H-3 sampai H-1 pelaksanaan, masing-masing Forpimka yang dilewati jalur lTdBI juga diminta untuk kembali melakukan cek kondisi jalan. “Jika ada pasir mohon disapu agar tidak membahayakan para pembalap, dan antisipasi lain agar  para pembalap betul-batul aman dan nyaman dalam melakukan balapan,” cetusnya.

Agar pelaksanaan pengamanan tersebut berjalan lancar, dalam setiap kecamatan dia juga menunjuk perwira pengendali (padal) yang bertugas melakukan pengendalian mulai pengamanan jalur, dan lainnnya selama berlangsungnya balapan ITdBI.

Untuk etape pertama, dengan start dari pasar Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo dan finis di depan Kantor Bupati (Pemkab) ada 658 titik yang menjadi fokus pengamanan dengan melibatkan 2.824 personel gabungan.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat juga ikut bersama-sama membantu dengan menjaga ketertiban, keamanan agar selama pelaksanaan ITdBI, mengingat peserta balapan sepeda bertaraf Internasional tersebut diikuti oleh pembalap dari 29 negara di dunia.

“Saya kira perlu dukungan, kesadaran dan kerja sama semua pihak. Terutama masyarakat Banyuwangi untuk bersama-sama menyukseskan event berskala internasional ini,” tandasnya. (radar)

Loading...

Baca Juga :