Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Jalan Sehat Hardiknas dan Harkitnas

SEMPU – Dalam rangka memperingati Hardiknas dan Harkitnas, Muspika dan UPTD Kecamatan Sempu menggelar jalan sehat kemarin. Kegiatan yang dipusatkan di Desa Karangsari, Kecamatan Sempu berlangsung meriah. Betapa tidak, sekitar delapan ribu peserta tumplek blek di garis start dan nyaris tidak putus sejauh dua kilometer dari lima kilometer rute yang ditempuh. Diselingi beragam acara sebelum kegiatan jalan sehat itu dimulai.

Misalnya, kegiatan sosial berupa santutan kepada puluhan siswa yatim dan anak kurang mampu. Selain itu, ada penyerahan penghargaan terhadap guru yang berprestasi se-Banyuwangi antara lain, Budi Santoso sebagai juara I Siswa Asuh Sebaya (SAS), Mismanto, juara I guru berprestasi tingkat SD dan Endang Siswati sebagai juara harapan I guru berprestasi tingkat TK se-Banyuwangi.

Yang istimewa, juga disebutkan ada kepala sekolah yang mendapatkan pernghargaan langsung dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dia adalah Endi Sunarto, yang menerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya 20 tahun. Penghargaan itu diterima Kasek SMPN I Sempu itu di Surabaya, tanggal 2 Mei lalu. Kepala UPTD Sempu Siswanto menuturkan, kegiatan jalan sehat tersebut dalam upaya meningkatkan pendidikan berkarakter.

Melalui pendidikan berkarakter bisa meningkatkan anak didik yang mampu berprestasi dengan ilmu pengetahuan yang tinggi dan juga dibekali keimanan dan ketaqwaan. Dengan kegiatan jalan sehat itu, jelas dia, bisa menumbuhkan karakter anak yang tangguh. Sebab, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. ‘’Jadi, peringatan Hardiknas dan Harkitnas ini kita harapkan anak-anak bisa lebih giat dalam belajar untuk meraih prestasi,’’ jelasnya.

Camat Sempu, Lukman Hakim mengaku bangga atas torehan prestasi yang sudah direngkuh para kepala sekolah dan guru itu. Tentu saja, prestasi itu layak dijadikan contoh bagi para siswa di sekolah. ‘’Prestasi itu bisa juga untuk menumbuhkan semangat belajar anak-anak,’’ paparnya. Dia berharap agar prestasi tersebut terus ditingkatkan. Jangan sampai, sudah menerima penghargaan semua tenaga pendidik lekas puas. ‘’Kita dorong terus untuk meraih prestasi baik di level terendah hingga paling atas.

Sebab, dengan pendidikan masa depan akan cerah,’’ pungkasnya. Sementara itu, acara jalan sehat itu juga ada undian beberapa hadiah. Misalnya, hadiah sepeda gunung dan aneka hadiah dan souvenir lain. Meski tanpa sponsor, kegiatan tersebut berlangsung sukses sejak awal hingga akhir. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE