Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia
Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

Kapal Nelayan Banyuwangi Tenggelam, 4 ABK Tewas, 3 Orang Hilang

Detik.com



Banyuwangi

Kapal nelayan dengan nama lambung Mekar Jaya terbalik setelah dihantam ombak di Pelawangan, Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjom Banyuwangi. Kapal tenggelam itu mengakibatkan 4 anak buah kapal (ABK) tewas dan tiga orang hilang.

Kapal bermuatan ikan yang membawa 27 ABK itu dilaporkan terguling pada Rabu (6/9/2023) sekitar pukul 03.30 WIB. Kapal tenggelam saat ombak besar menerjang dan mengakibatkan seluruh kru kapal hanyut. Sebanyak 20 ABK berhasil menyelamatkan diri.

“Kapal ini membawa sekitar 27 ABK. Saat kejadian sekitar pukul 00.00 WIB, kapal hendak merapat ke dermaga Grajagan. Nahas, ketika melaju di perairan Pelawangan, ombak besar menerjang. Akibatnya, kapal tak terkendali, lalu tenggelam,” kata Kapolsek Purwoharjo AKP Budi Hermawan.

“Seluruh ABK ikut hanyut. Ada empat kru kapal yang ditemukan meninggal. Tiga lainnya dalam pencarian,” imbuhnya.

Empat ABK yang meninggal, yaitu Sukar (60) asal Purwoharjo, Sumarno (60) asal Muncar, Toso (55) asal Srono, dan Wakik (35) asal Jember. Keempatnya ditemukan tenggelam di sekitar lokasi kejadian. Sedangkan tiga kru yang hilang, di antaranya Tolib, Dorik, dan To.

Dari empat ABK yang meninggal, satu di antaranya adalah nakhoda kapal bernama Sukar. Pria ini ikut tergulung ombak ketika kapal yang dinakhodainya terbalik.

Sementara para korban yang selamat berhasil dievakuasi oleh nelayan lain. Mereka dibawa ke tepi dengan pertolongan perahu nelayan.

Tim SAR gabungan saat ini masih melakukan pencarian korban yang hilang di sekitar lokasi. Petugas menyisir di area perairan Plawangan dan sekitarnya.

“Laporan kecelakaan laut ini kami terima Rabu pagi. Tim sudah di lokasi untuk melakukan penyisiran,” kata Kepala Pos SAR Ketapang Wahyu Setia Budi.

Simak Video “Momen Penyelamatan 5 ABK Nelayan di Perairan Banyuwangi, 7 Masih Hilang
[Gambas:Video 20detik]
(irb/fat)

source