Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Karteker PCNU Banyuwangi Diperpanjang, Gus Nandi Masuk Jadi Katib, Abdul Aziz Wakil Ketua, dan Guntur Jabat Wakil Sekretaris

karteker-pcnu-banyuwangi-diperpanjang,-gus-nandi-masuk-jadi-katib,-abdul-aziz-wakil-ketua,-dan-guntur-jabat-wakil-sekretaris
Karteker PCNU Banyuwangi Diperpanjang, Gus Nandi Masuk Jadi Katib, Abdul Aziz Wakil Ketua, dan Guntur Jabat Wakil Sekretaris
Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

RadarBanyuwangi.id – Kepengurusan karteker Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi memang sudah habis per Juni 2024 ini.

Sesuai tugasnya, karteker harusnya menggelar konfercab PCNU Banyuwangi paling lambat 3 bulan setelah penunjukan pada bulan Maret 2024 lalu.

Namun, pada perkembangan terbaru, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kembali mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Perpanjangan untuk pengurus karteker.

Dalam surat bernomor: 348/PB.01/A.II.01.45/99/06/2024 tersebut PBNU menunjuk dan mengesahkan beberapa nama lama dan nama-nama baru sebagai karteker PCNU Banyuwangi.

Keputusan tersebut berdasarkan hasil rapat harian Syuriyah dan Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama pada tanggal 29 Mei 2024 di Lantai 8 Gedung PBNU Jalan Kramat Raya No. 164 Jakarta.

Hasil rapat tersebut untuk melakukan pembenahan struktur Karteker Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Banyuwangi dengan membentuk kepengurusan Karteker yang baru.

Baca Juga: PCNU Makin Solid, 300 Orang Hadiri Halalbihalal: Kiai Athoillah Ajak Pengurus PC, MWC, hingga Ranting, Satu Komando dengan PBNU

SK karteker itu ditandatangani langsung oleh Rais Aam KH Miftahul Akhyar, Katib Aam KH Akhmad Said Asrori, Ketua Umum KH Yahya Cholil Staquf, dan Sekjend Drs H Saifullah Yusuf.

Yang menarik, dalam Susunan Karteker PCNU Banyuwangi berdasar SK PBNU Nomor 316/PB.01/A.II.01.45/99/03/2024 yang terbit sebelumnya, nama Gus Nandi, Guntur Al Badri, dan Mukhdar Atim tidak masuk dalam kepengurusan.

Namun di kepengurusan yang baru, Gus Nandi masuk sebagai Katib, dan Guntur Al Badri sebagai wakil sekretaris.

Sedangkan nama Abdul Azis yang sebelumnya masuk sebagai anggota karteker, kali ini naik jabatan menjadi wakil ketua.

Selain itu, Mukhdar Atim yang dalam SK karteker sebelumnya tidak masuk pengurus, dalam SK terbaru PBNU tersebut diplot sebagai wakil Rais di bawah KH Athoillah Sholahuddin Anwar.

Sedangkan ketua tanfidz tetap dipegang oleh H Chorul Sholeh Rasyid SR MSi dan sekretaris Drs H Ahsanul Haq M.Pd.I

Baca Juga: Berikut Susunan Lengkap Pengurus Karteker PCNU Banyuwangi Sesuai SK Baru dari PBNU


Page 2

Mahbub Junaidi SSos MSi

Habib Sirojul Munir SKom MM

Sekedar mengingatkan, turunnya SK karteker PCNU Banyuwangi karena sebelumnya PBNU telah memperpanjang masa khidmat PCNU Banyuwangi hingga dua kali perpanjangan.

Pertama, PBNU mengeluarkan SK perpanjangan SK PCNU Banyuwangi dengan nomor: 249/A.II.04.d/07/2023 tentang perpanjangan masa khidmat PCNU Kabupaten Banyuwangi sampai 3 Oktober 2023.

Perpanjangan kedua tertuang dalam surat nomor: 249/A.II.04.d/09/2023. Dalam surat ini masa khidmat PCNU Banyuwangi berakhir sampai 3 Januari 2024.

Baca Juga: Libatkan PWNU Jatim, PBNU Keluarkan SK Perubahan Karteker, Abdul Azis Masuk Pengurus Karteker PCNU

Pasca itu, PBNU memutuskan tidak melakukan perpanjangan lagi dan menggantinya dengan kepengurusan karteker.

SK kepengurusan karteker yang pertama terbit dengan nomor: 311/PB.01/A.II.01.45/99/03/2024 tentang penunjukan karteker PCNU Banyuwangi.

Surat penunjukan tersebut kemudian disusul dengan Surat Pengesahan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Nomor: 316/PB.01/A.II.01.45/99/03/2024 tentang Perubahan Komposisi Karteker PCNU Kabupaten Banyuwangi.

Surat pengesahan tersebut ditandatangani oleh Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Katib Aam PBNU KH Akhmad Said Asrori, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, dan Sekjend PBNU H Saifullah Yusuf. (*)


Page 3

”Saya dan rekan-rekan siap bekerja menjalankan amanah PBNU,” ujar Abdul Aziz, wakil ketua karteker PCNU Banyuwangi, kepada Jawa Pos Radar Banyuwangi.

Sama seperti karteker sebelumnya, tugas utama karteker PCNU Banyuwangi ini adalah menggelar konferensi cabang untuk memilih kepengurusan PCNU paling lambat 3 bulan ke depan.

Sebab, sesuai SK PBNU tersebut, perpanjangan karteker PCNU Banyuwangi ini berakhir pada 9 September 2024 mendatang.

Berikut adalah susunan karteker PCNU Banyuwangi sesuai SK perpanjangan dari PBNU:

Rais: KH Athoillah Sholahuddin Anwar

Wakil Rais: Kiai Mukhdar Atim, BA

Katib: Kiai Sunandi Zubaidi, SPd.I

Ketua: H Chorul Sholeh Rasyid SR, MSi

Wakil Ketua: Abdul Aziz, MH

Sekretaris: Drs H Ahsanul Haq M.Pd.I

Wakil Sekretaris: Drs Guntur Al Badri

Anggota: HM Misbahussalam SAg, MPd.I

H Ali Mutiwwif MHum

Barur Rohiem SPdI

Fata Zamroni SH