Kawanan Maling Pakan Ternak Dibekuk

  • Bagikan

BANYUWANGI – Dua pelaku yang sempat kabur dari kejaran warga dan polisi karena diduga terlibat pencurian pakan ternak milik Mohammad Zidni (54) warga Dusun Mulyorejo, Desa Wringinrejo, Kecamatan Gambiran, Kabupaten Banyuwangi, akhirnya berhasil diringkus oleh anggota Unit Reskrim Polsek Gambiran di rumahnya, Jum’at (17/4/2020) kemarin.

Dilansir dari Radar Banyuwangi – Jawa Pos, kedua pelaku yang kini dijebloskan ke ruang tahanan polsek sambil menjalani pemeriksaan itu adalah Andik (30) dan Doni Rismawanto (22). Keduanya merupakan warga Dusun Kedungringin, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi.

“Ini hasil pengembangan,” terang Plt Kapolsek Gambiran Iptu Abdul Rohman.

Tertangkapnya kedua pelaku ini, jelas Kapolsek, setelah dua temannya berhasil ditangkap warga dan diserahkan ke polisi.

Adapun kedua pelaku yang tertangkap dan sempat dihajar massa itu adalah Imang Wiliam Azhar (25) warga Dusun Kedungdandang, Desa Tapanrejo, Kecamatan Muncar, dan Matroni (25) warga Dusun Kedungringin, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi.

“Mereka ini mencuri pakan ternak sebanyak 18 sak,” terangnya.

Kapolsek menambahkan, dari pengakuan para pelaku aksi pencurian yang dilakukan ini bermula saat mereka pada Rabu 15 April sekitar pukul 21.00 melintas di jalan raya Desa Wringinagung, Kecamatan Gambiran setelah tongkrongan di Desa Jajag, Kecamatan Gambiran.

Nah, saat melintas itu, mereka melihat tumpukan pakan ternak di kandang ayam milik Mohammad Zidni.

“Para pelaku ini jalan-jalan,” terang Kapolsek.

Menurutnya, di kandang ayam potong itu mereka membobol pintu kandang dengan cara merusak kunci gembok menggunakan palu yang ada di sekitar kandang.

“Setelah berhasil merusak kunci gembok, mereka menggasak 18 karung pakan ternak,” ungkapnya.

Dari 18 sak pakan ternak itu, terang dia, oleh para pelaku dibawa menggunakan dua motor.

Baca :
Tukang Parkir Liar di Jalan Plengsengan Pantai Ancol Banyuwangi Diciduk Polisi

Namun, karena tidak bisa membawa pulang semua, sebagian pakan ternak ditaruh di persawahan Dusun Cemetuk, Desa/Kecamatan Cluring.

“Ini membuat warga Cemetuk curiga,” katanya.

Dan tidak lama kemudian warga di Dusun Cemetuk, Desa Cluring mendengar kabar ada kandang ayam di Desa Wringinagung dibobol maling. Dari kabar itu, warga mengepung empat pemuda yang mencurigakan itu.

“Satu pelaku Ilham berhasil ditangkap warga. Sedang yang tiga kabur,” terangnya.

Karena geram, pelaku yang berhasil ditangkap itu oleh warga dihajar ramai-ramai hingga babak belur. Selanjutnya, pelaku ini diserahkan ke Polsek Gambiran.

“Kita buru pelaku lainnya, satu pelaku lagi Matroni berhasil kita tangkap,” jelasnya.

Kurang dari 24 jam, dua pelaku lain yang berhasil melarikan diri Andik dan Doni Rismawanto akhirnya berhasil ditangkap di rumahnya.

“Sekarang empat pelaku berhasil kita tangkap semua,” ungkapnya pada Jawa Pos Radar Genteng.

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: