Kemarau, Lereng Ijen Rawan Terbakar

0
509

LICIN – Mengantisipasi dampak serius El Nino 2015 dan ancaman kebakaran hutan dan lahan perlu kesiapan dan kewaspadaan masyarakat. Menanggapi hal itu, pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Jawa Timur menggelar apel siaga dan simulasi pemadaman kebakaran hutan di Pos Paltuding, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Rabu (2/9) kemarin.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dalam pelaksanaan apel siaga dan simulasi kemarin hadir perwakilan Dinas Kehutanan Bondowoso, Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan Banyuwangi, BPBD Banyuwangi, BPBD Bondowoso, Perhutani, UPT Dirjen KSDAE. Forpimka Licin dan Sempol.

Hadir pula para manajer perkebunan di kawasan Gunung Ijen dalam apel siaga dan simulasi kebakaran hutan kemarin. Kepala Balai Besar KSDA Jatim, Suyatno Sukandar, mengatakan apel siaga dan simulasi pemadaman kebakaran hutan penting dilakukan.

Kegiatan seperti itu dilakukan dalam rangka meningkatkan kewaspadaan bersama agar un sur pemerintah dan elemen masyarakat sekitar hutan siap mencegah kebakaran hutan yang bisa saja terjadi pada saat musim kemarau seperti ini.

“Kebersamaan itu sangat penting karena hutan kita ini sangat luas. Ini tugas yang tidak ringan,” kata Suyatno.  Perlu diketahui, jika terjadi kebakaran hutan tentu sangat merugikan kita. Misalnya saja ekologis hutan menjadi rusak, fungsi perlindungan keanekaragaman hayati juga menurun.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last