Kematian Endang Terbit di Koran Arab

0
220

ROGOJAMPI – Kematian Endang Sulistiowati, 43, tenaga kerja wanita (TKW) asal Dusun Krajan, Desa Kaligung, Kecamatan Rogojampi, akibat dibunuh ternyata sudah beredar luas di Arab Saudi. Buktinya, tragedi memilukan tersebut diterbitkan di media cetak ternama di negara tersebut. Insiden berdarah yang dimuat di koran itu diterima keluarga melalui BlackBerry Messenger (BBM).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Di halaman koran itu tampak jasad tubuh almarhum Endang Sulistiowati tertutup kain. Selain itu, tim medis dan pelaku pembunuhan juga dimunculkan. Hanya saja, wajah pelaku tidak ditampilkan. Riska Nurvianti, 19, putri almarhum mengatakan, surat kabar tersebut menjadi bukti bahwa ibunya benar-benar dibunuh. Bahkan, dia meyakini bahwa pelaku berhasil ditangkap petugas.

‘’Yang membunuh ibu saya katanya orang Turki,’’ kata Riska. Awalnya, dia tidak percaya saat mendengar kabar kematian sang ibu dengan cara dibunuh. Namun, fi le gambar yang diterimanya menguatkan bahwa kabar tersebut benar dan bukan omong kosong. ‘’Tapi, kenapa jasadnya tidak dikirim ke sini,’’ sesalnya. Di lain pihak, instansi pemerintahan Banyuwangi sama sekali tidak tahu tentang kematian janda tersebut.

Sebab, dinas terkait belum menerima laporan tentang petaka yang menimpa TKW yang bekerja di Arab Saudi sejak tahun 2007 itu. ‘’Kita kok belum tahu informasi itu ya,’’ ungkap pengawas tenaga kerja Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi, Banyuwangi, Dodi Widodo, kemarin. Pihaknya biasanya menerima surat tembusan jika ada TKI asal Banyuwangi yang meninggal dunia di luar negeri. ‘’Sampai sekarang, nggak ada tembusan sama sekali,’’ terangnya.

Loading...

Meski begitu, dia menyarankan koran ini menghubungi jajarannya untuk informasi lebih detail. ‘’Silakan hubungi Pak Panca atau Pak Eka,’’ saran Dodi saat dihubungi melalui sambungan telepon. Kabid Penempatan, Pelatihan, Pembinaan, dan Produktivitas Dinsosnakertrans Banyuwangi, Eka Muharam, menduga bahwa TKW tersebut berangkat dengan cara ilegal.

Sebab, penyalur TKI yang beralamat di Kecamatan Giri tidak terdata di Dinsosnakertrans. ‘’PJKTI yang membawa itu mungkin ilegal,’’ ujar Eka memprediksi. Meski begitu, dia akan mengecek ke lapangan untuk memastikan keberadaan PJTKI tersebut. Namun, seingat dia, nama yang dimaksud tidak masuk catatan Dinsosnakertrans. ‘’Seingat saya, nama itu tidak ada di data kami,’’ pungkas Eka.

Diberitakan sebelumnya, kabar duka kembali menghampiri warga Banyuwangi yang bekerja di luar negeri. Kali ini, dialami Endang Sulistiowati, warga Dusun Krajan, Desa Kaligung, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi. Tenaga kerja wanita (TKW) tersebut meninggal dunia di Arab Saudi di usia 43 tahun. Ibu satu anak tersebut meninggal akibat dibunuh. Jasad almarhum dimakamkan di Arab Saudi tanpa sepengetahuan dan persetujuan keluarga. Hal itu menyebabkan pihak keluarga sangat terpukul. (radar)

Loading...

Jasa Kalibrasi Total Station Topcon Gm-55 Murah Hub:0856-0366-2655

Jasa Kalibrasi Total Station Topcon Gm-55 Murah Hub:0856-0366-2655

Contac : Rifat Whatsapp: 0856-0366-2655 Telepon : 0859-2126-4735 Gmail : [email protected] Website : https://www.reselleralatsurvey.com/ Trima Kasih Atas Keja Sama Bapak/ibu…
01/18/2019
KOTA JAKARTA BARAT

Kata kunci yang digunakan :