Kerajinan Miniatur Kapal dari Limbah

0
2748

Kelompok-masyarakat-Dusun-Grajagan-Pantai,-Desa-Grajagan,-Kecamatan-Purwoharjo,-membuat-kerajinan-miniatur-kapal.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

PURWOHARJO – Kelompok pemuda dan masyarakat nelayan di Dusun Grajagan Pantai, Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, kini mulai menekuni usaha kerajinan miniatur kapal. Kerajinan itu dibuat dari limbah busa kulkas  dan potongan busa papan selancar.

Miniatur kapal nelayan yang banyak dibuat adalah kapal jenis ijo-ijo, slerek, dan sekoci. Usaha yang ditekuni para pemuda dan nelayan itu awalnya hanya iseng membuat mainan untuk anak-anaknya dengan bahan baku sandal jepit.

Selanjutnya, para pemuda mengembangkan  pembuatan kerajinan  kapal nelayan itu menggunakan limbah busa papan selancar yang banyak terbuang sia-sia. Selain itu, juga dari busa bekas lemari es. “Menggunakan kayu lebih rumit, lama, dan berat,” ujar  Supriyadi, 48, salah seorang perajin.

Loading...

Menggunakan bahan baku limbah busa papan selancar dan kulkas dinilai lebih efisien dan  ringan. Caranya tidak terlalu sulit. Busa padat dengan tebal 10 centimeter dipotong tipis-tipis ukuran  satu centimeter dengan panjang  menyesuaikan ukuran kapal yang  akan dibuat.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last