Kreasi Hasil Petanian Jadi Produk Olahan

0
166

SINGOJURUH – Sektor pertanian merupakan salah satu potensi andalan Kecamatan Singojuruh. Betapa tidak, dari luas wilayah seluas 4.366,89 hektare (ha), 3.732,35 ha di antaranya merupakan persawahan. Untuk terus meningkatkan pembangunan sektor pertanian, pemerintah setempat bekerjasama dengan berbagai instansi. Seperti Dinas Pertanian serta Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Pertambangan (Disperindagtam).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Camat Singojuruh, Nanik Machrufi, mengatakan untuk mensejahterakan petani, pihaknya telah melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan mengoptimalkan produktivitas padi. Sehingga hasil panen petani setempat meningkat. “Kita intensif mengumpulkan Ga- poktan (Gabungan Kelompok Tani, Red) untuk berkoordinasi dan saling bertukar pengetahuan serta pengalaman,” ujarnya. Nanik juga terus berkoordinasi dengan Dinas Pertanian untuk mem- berikan penyuluhan kepada para petani di Singojuruh.

“Salah satu Gapoktan di wilayah kami, tepatnya di Desa Sumberbaru, sukses membudayakan padi organik,” tuturnya bangga. Para petani di kecamatan yang satu ini ternyata cukup kreatif. Untuk meningkatkan nilai jual, kata dia, mereka meng- kreasi hasil panen tanaman holtikultura miliknya menjadi berbagai macam ma- kanan olahan. “Petani kita sangat kreatif, tomat dan cabai merah diolah menjadi manisan,” ungkap Camat Nanik.

Tidak cukup sampai di situ, beberapa industri rumahan pembuat keripik berbahan ubi jalar, talas, singkong, dan gadung, juga banyak dijumpai di Singojuruh. “Selama ini pemasarannya masih di lingkup lokal Banyuwangi. Kita akan bekerjasama dengan Disperindagtam untuk membuka akses penjualan industri rumahan tersebut,” ungkap Camat Nanik.

Ketersediaan air yang melimpah juga telah dimanfaatkan dengan baik oleh warga setempat. Buktinya, saat ini ada 31 kelompok tani di Singojuruh yang telah merintis budidaya ikan di kolam pekarangan. “Kami akan terus bekerjasama dengan seluruh pihak untuk meningkatkan kesejahteraan warga kami,” pungkasnya. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :