Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Kwaran Kabat Gelar Jambore 2013

Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

kwaranKABAT- Gerakan Pramuka adalah wadah pembinaan generasi muda di lingkungan sekolah, untuk membentuk manusia yang berkepribadian dan berbudi pekerti yang luhur, sehat jasmani, dan rohani. Mengingat pentingnya eksistensi Gugus Depan di dalam lingkungan sekolah, maka Kwartir Ranting Pramuka Kecamatan Kabat mengadakan kegiatan perkemahan dalam rangka Jambore Ranting tahun 2013.

”Tujuan Jambore untuk mempraktikkan sistem berorganisasi, prinsip swadaya, dan kepemimpinan,’’ kata Ka Kwaran Kabat, Drs. H. Mastamyis, MSi. Mastamyis mengatakan, Jambore Ranting 2013 ini juga bertujuan untuk meningkatkan mental dan kepercayaan pada diri sendiri, membina kerja sama dan gotong royong. Selain itu, jamboree itu juga melatih hidup bersahaja dan swadaya serta mengkader pemimpin yang andal.

”Menjadikan manusia Indonesia seutuhnya dan berbudi luhur,’’ jelasnya. Jambore Ranting 2013 dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Sulihtiyono di lapangan kantor Kecamatan Kabat. Kadispendik Sulihtiyono juga didampingi Camat Kabat M. Luqman, Kepala UPTD Pendidikan Kabat, Mastamyis. Upacara pembukaan juga diikuti seluruh peserta Jambore yang berasal dari SD/ MI se Kecamatan Kabat.

Pembukaan Jambore berlangsung  eriah dengan hiburan drum band dari SDN 2 Kalirejo, SDN 1 Kabat, SDN 1 Pakistaji, dan MI Sukojati. Selain penampilan drum band, tampil juga tari jejer gandrung kreasi yang dilakukan 200 penari. ”Setiap SD/MI sekarang wajib kegiatan ekstrakurikuler tari jejer gandrung, sehingga budaya Banyuwangi terus terjaga,’’ kata Mastamyis. (radar)