Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Launching Kampung NU Di Desa Plampangrejo Diresmikan Oleh Ketua PCNU Banyuwangi

BANYUWANGI, Jurnal News – Dalam rangka merealisasikan program peringatan 1 Abad NU, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi meresmikan kampung NU di Dusun Krajan, Desa Pelampangrejo, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur. Selasa (24/01/2023).

Acara diawali dengan memotong pita di Gapura masuk kampung NU Dusun Krajan RT 03 Rw 06, Desa Plampangrejo oleh Ketua Pengurus PCNU Banyuwangi. Simbolik potong pita menandakan louncing kampung NU diresmikan.

Prosesi acara dilanjutkan dipelataran masjid Baiturohim didalam lingkungan Pondok Pesantren Asy – Syafa’ah. Rangkaian acara diawali sambutan pembuka oleh panitia, dilanjutkan dengan membacakan lantunan ayat suci Al Quran oleh salah satu santri.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi Kiai H. Ali Makki Zaini dalam sambutannya mengatakan pengurus Ranting NU bagian dari struktur yang paling dekat dengan warga di akar rumput yang mengetahui persoalan keumatan dan diharapkan menghadirkan solusi lewat program yang sesuai dengan umat.

“Jadi Pengurus harus mengetahui persoalan keumatan dan diharapkan menghadirkan solusi lewat program yang sesuai dengan umat, seperti membantu program pemerintan menyalurkan BLT. Contoh, bagi yang warga yang dapat dibantu diantarkan. Diadakan les gratis, bisa memakai kantor desa,” Terangnya.

“Ranting NU manjadi penggerak utama dalam melakukan pemberdayaan umat Oleh karenanya, program ini menjadi bagian rangkaian peringatan 1 Abad NU dalam upaya penguatan jamiyah dan jamaah,” kata Gus Maki.

Foto : Seksi acara dipelataran Ponpes Asy-Syafa’ah Di Dusun Krajan Desa Plampangrejo Kecamatan Cluring.
Foto : Seksi acara dipelataran Ponpes Asy-Syafa’ah Di Dusun Krajan Desa Plampangrejo Kecamatan Cluring.

Lebih lanjut, tujuan dari program ini untuk mengoptimalkan peran Ranting NU dalam menguatkan Islam Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah. Juga meningkatkan kesadaran warga tentang urgensi berjam’iyah dan berjamaah. 

Diwaktu yang berbeda, Kepala Desa Plampangrejo Yudi Wiyono, mengatakan louncing kampung NU ranting 1 Plampangrejo kami berharap NU berimbang kemasyalahatan umat.

“Mugi2 NU berimbang dan dapat mengayomi masyarakat juga mampu membawa amanah yang sudah direncanakan oleh NU kepada masyarakat Desa Plampangrejo.” Terangnya.

Acara demi acara telah selesai dilaksanakan dan prosesi penutup adalah pengukuhan Ketua Ansor, Ketua IPNU, Ketua IPPNU, Ketua Muslimat Ketua Fatayat dan Banon NU lainnya oleh Ketua PCNU Banyuwangi Kiai H Ali Makki Zaini lebih akrab di sebut Gus maki.

Penulis : Rony

source