Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Lupa Matikan Tungku, Tiga Rumah Warga di Suboh Situbondo Terbakar Habis

lupa-matikan-tungku,-tiga-rumah-warga-di-suboh-situbondo-terbakar-habis
Lupa Matikan Tungku, Tiga Rumah Warga di Suboh Situbondo Terbakar Habis
Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

RadarBanyuwangi.id – Rumah milik Busia, warga Dusun Kembang Suko, Desa/Kecamatan Suboh, hangus terbakar, Minggu (23/6).

Diduga kuat kobaran api berawal dari tungku api yang lupa dimatikan. Tidak ada korban luka maupun jiwa dalam insiden tersebut, namun nenek 65 tahun itu mengalami kerugian Rp.70 juta.

Data yang diterima Koran ini menyebutkan, kebakaran terjadi berawal dari kebiasaan Busia memasak dekitar pukul 3.00 dini hari di dapur.

Baca Juga: Musim Paceklik, Nelayan Mimbo Situbondo Diminta Memanfaatkan Budidaya Rumput Laut

Selanjutnya, dia pergi ke pasar untuk berbelanja kebutuhan dagangannya. Sebelum berangkat, Busia lupa mematikan tungku api. Sehingga, api tambah lama tambah membesar dan melahap bagian-bagian dapur.

“Dugaan sementara disebabkan korban lupa mematikan tungku api. Untuk lebih pasti masih dalam penyelidikan polisi,” kata Sugianto salah satu anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial (Dinsos) Situbondo.

Kata  dia, kobaran api pertama kali ditemukan tetangga Busia yang ingin salat Subuh. Melihat kobaran api, tetangga Busia langsung berteriak meminta tolong.

Akhirnya, banyak warga yang berdatangan dan mencoba untuk memadamkan si jago merah.

Baca Juga: Perpanjangan SIM di Banyuwangi Kini Lebih Mudah, Layanan SIM Keliling Hadir di 3 Kecamatan Mulai 24 Juni – 26 Juni 2024: Cek Lokasinya

“Kata para saksi, warga yang datang sudah banyak, tapi tidak mampu untuk menjinakkan api, katanya api sudah terlalu besar,” tegas Sugianto.

Disebutkan, api semakin membesar dan merembet ke rumah yang berdempetan, yaitu milik Suparto dan Sahori.

Beberapa menit kemudian satu unit Damkar milik Pemkab Situbondo yang disiagakan di Kecamatan Besuki dan satu unit Damkar dari Mako Situbondo Kota tiba di lokasi.

“Dengan dua unit damkar api berhasil dipadamkan dan dua rumah tidak sampai habis terbakar. Kalau rumah milik Busia rusak total, kerugian Rp. 70 juta. Kalau dua rumah yang terdampak masing-masing Rp 5 juta,” pungkas Sugianto. (hum/pri)