Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Mahasiswa Uniba Turun Gunung

Sebanyak 1.164 KKL ke Semarang dan Yogjakarta

BANYUWANGI- Sebanyak 1.164 mahasiswa Universitas PGRI Banyuwangi (Uniba) melakukan perjalanan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Semarang dan Jogjakarta. Keberangkatan seribu lebih mahasiswa ini dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama diberangkatkan Minggu (11/3) pekan lalu, dan gelombang kedua, Minggu (18/3) kemarin.

Pelepasan KKL mahasiswa Uniba ini dilakukan langsung oleh Rektor Uniba, Drs. H. Teguh Sumarno, MM. Dalam sambutannya, Teguh menjelaskan mahasiswa memiliki peran yang besar dalam proses pembangunan. Sebagai Agen of Change, mahasiswa berperan untuk melakukan perubahan-perubahan yang dianggap perlu untuk mencapai kemajuan.

Saat ini, kata dia, Uniba melalui ribuan alumninya telah terlibat langsung dalam
kebijakan pembangunan daerah. “Jaringan alumni mahasiswa Uniba sangat kuat,” ujarnya. Terkait dengan hal tersebut, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan nyata yang dapat diterapkan dalam pembangunan.

Hanya dengan belajar di bangku kuliah, tidaklah cukup untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan yang memadai. Perlu adanya praktek secara nyata sebagai pengalaman aplikatif. “Untuk membangun kemampuan praktik tersebut, maka mahasiswa perlu mendapatkan pengalaman kerja secara langsung,” ujar rektor bertangan dingin itu.

Sementara itu, ketua panitia KKL, Drs. Syaiful Hadi mengatakan, peserta yang melakukan KKL ini dari program studi, olahraga, matematika, bahasa Inggris, PPKN, sejarah, biologi, teknik dan BK. Para mahasiswa ini akan menempuh KKL selama tiga hari di Universitas Negeri Semarang (Unes) dan Universitas Negeri Yogjakarta.

KKL ini, jelas Syaiful, untuk memberikan bekal nyata tentang lingkungan kerja dan permasalahan yang ada didalamnya serta belajar untuk menyelesaikan segala permasalahan berdasarkan ilmu dan keterampilan yang telah dipelajari. ”Sekaligus memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar menjadi inovator,
motivator, dan problem solver dalam menyikapi setiap permasalahan baik dalam masyarakat ataupun lingkungan kerja,” ujar Pembantu Rektor 2 Uniba itu.

Selain melakukan KKL, mahasiswa Uniba juga diberi pembelajaran materi karakter bangsa di Istana Negara Jogjakarta dan melihat benteng Van Den Berg
Yogjakarta.  “Kedua bangunan ini sangat tinggi nilai sejarah dan perjuangannya. Untuk itu, penting untuk dikunjungi,” kata Syaiful.  (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE