MB Ill Ketapang masih Mangkrak

0
550

KAIIPURO – Hanya beroperasinya dua dermaga di Pelabuhan ASDP Ketapang, yakni dermaga MB I dan ponton, karena dermaga MB II sedang direhab menyebabkan kendaraan sedikit lambat masuk kapal. Untuk mengurangi keterlambatan masuk kapal itu sebenarnya dermaga MB III bisa menjadi solusi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Namun, dermaga yang ada di sebelah utara ASDP Ketapang itu ternyata belum bisa dioperasikan lantaran pengerjaan belum selesai. General Manajer (GM) PT. Indonesia Ferry (Persero) ASDP Ketapang, M. Yusuf Hadi, mengatakan bahwa proyek dermaga MB III di Pelabuhan ASDP Ketapang yang menggunakan dana dari APBN itu berada di bawah naungan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur.

Sampai saat ini pengerjaan dermaga MB III tersebut belum diserahkan sepenuhnya kepada pihak ASDP. Terkait belum beroperasinya dermaga tersebut, Yusuf mengatakan, pengerjaan dermaga MB III tersebut masih belum sempurna 100 persen. Penyempurnaan dermaga yang dirasa sangat penting adalah posisi dolpin atau tiang dermaga yang masih belum simetris.

Saat ini proses simetrisasi tiang dermaga telah dilakukan. Akan tetapi, dermaga tetap belum bisa dioperasikan lantaran menunggu cor di bagian bawah kering. Sebab, tiang dermaga tersebut merupakan tempat kapal sandar.

Loading...

“Kalau tidak menunggu kering, tiang itu bisa roboh,” kata Yusuf kepada Jawa Pos Radar Banyuwangi. Dermaga MB III tersebut pada masa mudik Lebaran lalu memang sempat dioperasikan. Namun, ternyata pengoperasian dermaga MB III di Pelabuhan ASDP Ketapang pada saat Lebaran lalu sifatnya hanya sementara, yakni hanya mengurai kemacetan.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2