MTs Mambaul Huda Krasak Kebanjiran Pendaftar

0
949
Para siswa yang baru lulus SD-Ml antre mendaftar di MTs Mambaul Huda, Krasak, Desa/Kecamatan Tegalsari.

TEGALSARI – Meski belum ada pengumuman kelulusan untuk SD/MI, tapi Pendaftaran Peserta didik baru (PPDB) di MTs Nurul Huda, Krasak, Desa/Kecamatan Tegalsari, sudah dipenuhi para calon siswa baru.

Sejak PPDB itu dibuka pada Sabtu (3/ 6), para pendaftar sudah membeludak. Untuk hari Minggu (4/6) yang tetap membuka pendaftaran, ternyata pada calon siswa baru itu banyak yang harus antre.

Loading...

Kepala MTs Mambaul Huda, Nurul Huda, mengatakan lonjakan jumlah pendaftar itu sudah dialami sejak empat tahun terakhir. Tingginya jumlah pendaftar, pihaknya harus menyeleksi karena pendaftar selalu melebihi jumlah kuota yang ada.

“Sejak empat tahun ini pendaftarnya sangat banyak, “katanya. Dicontohkan, jumlah pendaftar di hari pertama pada Sabtu (3/6), jumlah pendaftar tembus di angka 300 pendaftar. Padahal,  kuota untuk kelas I tidak lebih dari 335 kursi. Sedang masa pendaftaran itu, akan ditutup pada 19 Juni mendatang.

“Meski hari pertama sudah terpenuhi, hari berikutnya tetap dibuka, nanti kita seleksi,” jelasnya. Bentuk seleksi yang akan dilakukan itu, dengan melakukan interview mengenai sikap bela negara, membaca Alquran, dan sikap ubudiyah.

Pemilihan seleksi ini karena pola pendidikan di MTs Mambaul Huda itu mengutamakan karakter dan perilaku siswa, di samping kemampuan akademik. Banyaknya pendaftar di sekolahnya itu, terang dia, itu karena prestasi akademik dan non akademik yang diraih para siswa MTs Mambaul Huda itu cukup banyak.

Selain itu, dalam kegiatan belajar mengajar memiliki ciri khas, yakni karakter pesantren. “Di sini karakter pesantren diajarkan,” jelasnya. (radar)

loading...


Kata kunci yang digunakan :