Nilai Saham Pemkab Bisa Meroket

0
367

“Ternyata hibah yang di terima Pemkab Banyuwangi paling menguntungkan. Banyuwangi dapat sepuluh persen dari seratus persen saham. Di tempat lain, hibah yang di terima hanya 7 persen dari 24 per sen total saham,” bebernya. Lebih lanjut, Sekkab Slamet membeberkan, hasil negosiasi Pemkab Banyuwangi dengan pi hak investor tambang meru pakan paling top di Asia dan Indonesia. Di daerah lain, pemerintah daerah hanya mendapat royalti tiga persen. Tiga per sen itu masih dibagi dua dengan pemerintah provinsi.

Sekkab Slamet menyebutkan, pertambangan emas Newmont di Nusa Tenggara Barat, pemerintah daerah setempat hanya mendapatkan tujuh persen dari 24 persen. Jatah tujuh persen itu pun tidak gratis, karena pemerintah daerah setempat harus mengeluarkan anggaran APBD untuk membeli saham tujuh persen dari 24 persen itu. “Kita dapat jatah saham 10 per sen dari 100 persen secara gratis dan tidak ada uang APBD sepeser pun yang keluar untuk membeli saham 10 persen itu,” katanya.

Hingga saat ini, kata Sekkab Slamet, berdasar data Kementerian Keuangan RI, belum ada pemerintah daerah di Indonesia dan di Asia yang berhasil mendapatkan saham se besar yang didapatkan Pemkab Banyuwangi. Selain itu, saham 10 persen yang berhasil diperoleh Pemkab Banyuwangi itu merupakan saham non-dilusi (saham tidak akan berkurang dengan adanya investasi tambahan).

Loading...

Karena saham nondilusi, jelas dia, saham 10 persen yang di miliki Pemkab Banyuwangi tidak akan menyusut meski pihak investor menambah ni laiinvestasi berapa pun. “Selama tambang emas itu beroperasi, maka saham rakyat Banyuwangi tetap 10 persen,” bebernya. Menurut Sekkab Slamet, penerimaan hibah tersebut merupakan inisiatif masyarakat Bumi Blambangan. Masyarakat ingin agar penambangan emas yang dilakukan di Banyuwangi bermanfaat bagi masyarakat. “Alhamdulillah itu direspons (oleh PT. Merdeka Serasi Jaya).

Bentuk yang tepat adalah hibah,” kata dia. Sekkab menambahkan, total saham yang dimiliki PT. Serasi Merdeka Jaya saat ini memang “hanya” Rp 100 miliar. Namun, jika perusahaan tersebut telah melaksanakan IPO (penjualan perdana saham) dan berproduksi, nilai saham perusahaan itu akan meningkat. “IPO direncanakan enam bulan mendatang,” cetusnya. Lebih lanjut dikatakan, deviden akan diterima pemkab jika perusahaan tersebut sudah berproduksi.

Baca :
Banyuwangi Tambah Lagi Jumlah Pasar Pelayanan Publik

Lanjutkan Membaca : First | ← Previous | 1 |2 | 3 | ... | Next → | Last