PEKAN PELAJAR Pendaftaran Lomba masih Dibuka

0
416

BANYUWANGI – Pekan Kreativitas Pelajar (PKP) 2013 yang dipelopori Jawa Pos Radar Banyuwangi siap digelar di auditorium kampus Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi mulai Se nin (11/11) hingga Sabtu (16/11) mendatang. Panitia menyiapkan berbagai lomba yang mampu memacu kreativitas pelajar tingkat SMP dan SMA/sederajat pada pelaksanaan ajang tersebut.

Selain lomba majalah dinding dua dimensi (mading 2D), majalah dinding tiga dimensi (mading 3D), dan student journalist (SJ), panitia juga akan menggelar berbagai perlombaan lain yang tidak kalah menarik, di antaranya lomba baca puisi, lomba telling story, dan lomba baca berita. Panitia PKP 2013, Benny Siswanto mengatakan, lomba baca puisi dibuka untuk pelajar tingkat SMP dan SMA/se derajat. Lomba baca berita dan telling story dikhususkan pelajar SMA/sederajat.

Kabar baiknya, biaya pendaftaran masing-masing calon peserta lomba baca puisi, telling story, dan baca berita itu ‘’hanya” Rp 20 ribu per orang. “Pendaftaran kami buka sampai menjelang pelaksanaan PKP pada 11 November mendatang,” ujarnya kemarin (2/11). Benny menambahkan, masing- masing peserta lomba baca berita dan baca puisi diberi waktu selama lima menit untuk perform di hadapan dewan juri.

Waktu yang diberikan kepada peserta lomba telling story selama tujuh menit, termasuk per siapan. “Setiap sekolah bisa me ngirim perwakilan lebih dari satu peserta,” terangnya. Lomba baca puisi, kata Benny, pe serta boleh menghafal atau membawa naskah saat perform. Puisi yang dibawakan boleh kar ya sendiri atau puisi yang di sediakan panitia. Khusus puisi karya sendiri, peserta wajib menyerahkan naskah puisi ter sebut sebanyak lima lembar ke pada panitia.

Khusus lomba baca berita, materi yang akan dibacakan peserta merupakan berita yang terbit di Jawa Pos Radar Banyuwangi pada hari pelaksanaan lomba. “Objek penilaian dewan juri meliputi intonasi, pelafalan atau kejelasan pengucapan, dan penampilan di atas panggung,” cetusnya. Sementara itu, tema telling story adalah objek wisata di Banyuwangi.

Saat perform di hadapan dewan juri, peserta diperkenankan membawa alat peraga untuk mendukung penampilan. “Penilaian lomba telling story meliputi performance, expression, contain (isi cerita), dan pronunciation,” pungkasnya. PKP 2013 digelar Jawa Pos Radar Banyuwangi dan di dukung Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi, Untag Banyuwangi, MPM Honda, Bank Muamalat, Bank Mandiri, PDAM Banyuwangi, dan Desy Education. (radar)