Pelaku Ingin Kuasai Senpi

  • Bagikan

senjata-apiMUNCAR- Satuan Reserse Kriminal Polres Banyuwangi terus mendalami aksi pencurian disertai kekerasan (curas) yang menimpa keluarga pengusaha ikan Muncar, Tjipta Soejarwo Tjoek alias Juan, Minggu malam kemarin (19/4). Dua pelaku berhasil diamankan dalam kejadian yang cukup menggegerkan warga Dusun Palukuning, Desa Sumbersewu, Kecamatan Muncar, itu. Keduanya adalah Bayu, 45, warga Desa Badean, Kabat, dan Imam Brekele, 43, warga Dusun Tlogosari, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu.

Mereka kini diamankan di Mapolres Banyuwangi untuk kepentingan penyelidikan. Dalam kasus itu, polisi memastikan bahwa kejadian itu merupakan perampokan murni. Pelaku ingin menguasai dua pucuk senpi milik korban. Kasatreskrim Polres Banyuwangi AKP Muhamad Wahyudin Latief mengatakan, pihaknya sementara berkesimpulan bahwa kejadian itu murni perampokan. Meski dalam target operasinya, pelaku hanya memburu dua senjata laras panjang milik korban. 

“Sejauh ini motif perampokan saja,” katanya. Latief menambahkan, unsur perampokan memang menjadi satu-satunya yang bisa diterangkan saat ini. Meskipun saat beraksi pelaku tidak mengambil barang berharga milik korban, tapi dua senjata api yang diambil pelaku saat kejadian sudah menunjukkan bahwa itu merupakan target operasi para pelaku. Tentang kemungkinan motif lain, mantan Kasatreskrim Polres Jembrana itu belum bisa menyimpulkan.

Tetapi, untuk ke arah motif lain pihaknya masih melakukan pendalaman. “Motif lain masih kami dalami, ssementara ini murni pencurian,” ujarnya. Seperti diberitakan kemarin, aksi pencurian disertai kekerasan (curas) menimpa keluarga pengusaha cold storage, Tjipta Soejarwo Tjoek, di Dusun Palukuning, Desa Sumbersewu, Muncar, Minggu (19/4). Pelaku yang diperkirakan berjumlah lima orang masuk ke kediaman pengusaha yang akrab disapa Papi Juan itu dan mengambil dua pucuk senjata laras panjang. Tidak ada benda berharga lain yang digondol pelaku saat kejadian. 

Pelaku rupanya terpesona dengan dua senapan milik pengusaha Sumberyala Samudera itu. Sebelum menikmati hasil kejahatannya, dua dari lima pelaku berhasil diamankan lebihkurang enam jam usai kejadian. Keduanya adalah Bayu, 45, warga Desa Badean, Kabat, yang tidak lain adalah kepala keamanan setempat, dan Imam Brekele, 43, Dusun Tlogosari, Desa Jambewangi, Sempu. Barang bukti senapan laras panjang jenis Chis dan Reminton kini diamankan sebagai barang bukti. Perampokan yang menimpa keluarga Papi Juan itu terjadi sekitar pukul 22.30.

Saat itu kondisi rumah memang sepi. Di dalam rumah yang berlokasi di Dusun Palukuning, Desa Sumbersewu, Muncar, itu hanya ada istri Papi, Rukmini Kusumawati. Pelaku masuk ke dalam rumah lewat pintu. Sesampai di dalam rumah, pelaku segera melumpuhkan pemilik rumah. Tangan dan kaki Mami (sapaan akrab Rukmini Kusumawati) diikat. Mulutnya dilakban. Merasa aman, pelaku pun bergerilya di dalam rumah milik pengusaha ikan itu.(radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: