Pencairan Dana Hibah Cabor Belum Jelas

0
143

Sebagian Cabor Tidak Bisa Dapat Jatah APBD 2014


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Semua cabang olahraga (Cabor) di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Banyuwangi masih menunggu realisasi pencairan dana. Dana pembinaan senilai Rp 3 miliar yang menyedot anggaran dari APBD tahun 2014 itu masih belum cair. Celakanya, waktu pencairan dana tersebut masih belum jelas. Ternyata, ada alasan kuat yang menimbulkan dana belum cair. Justru terhambatnya pencairan dana tersebut datang dari cabor itu sendiri.

Sebab, sebagian cabor terlambat dalam mengajukan proposal. ‘’Ada beberapa cabor yang baru mengajukan proposal,’’ ujar Sekretaris KONI Banyuwangi, Bambang Wahyudi, kemarin (16/6). Dia menyebut, jika ada beberapa cabor yang telat dalam mengajukan proposal. Bahkan, pengajuan proposal itu baru diterima KONI beberapa hari ini. ‘’Terakhir hari Jumat kemarin (13/6) ini proposal yang baru masuk,’’ terangnya. Karena terlambat dalam pengajuan proposal tentu saja berdampak terhadap pencairan. 

Loading...

Saat ini, semua proposal sudah ditangani Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi. ‘’Semua proposal sudah ada di sana (Dispora),’’ terangnya. Mengenai kapan pencairan, Bambang Wahyudi berharap agar dana pembinaan itu bisa segera terealisasi. Apakah ada kemungkinan dana cair setelah Idul Fitri? ‘’Kami berharap secepatnya. Kasihan teman- teman cabor sudah menunggu,’’ papar Bambang Wahyudi. Seandainya dana sudah cair, ulas dia, tidak semua cabor bisa menerima dana kucuran dari pemerintah itu.

Sebab, ada beberapa kriteria yang cabor tidak boleh bantuan dana tersebut. ‘’Ada beberapa cabor yang tidak dapat jatah,’’ bebernya,. Dia menjelaskan, sebagian cabor tidak berhak untuk menerima bantuan pada APBD tahun 2014 ini. Alasannya, cabor tersebut baru terbentuk pada akhir tahun 2013 dan pada tahun 2014. ‘’Cabor yang baru dibentuk di atas bulan November tahun 2013 dan tahun 2014 tidak dapat jatah. Tapi, kalau dibentuk sebelum bulan November ya cair,’’ ulasnya. 

Menurut Bambang, karena proposal harus sudah diajukan sebelum bulan November tahun 2013 untuk bisa mendapatkan anggaran dari APBD tahun 2014. Lantas, cabor mana saja yang tidak dapat jatah APBD tahun ini? ‘’Kira-kira ada tiga cabor yang tidak dapat. Yang jelas, cabor yang baru dibentuk tidak dapat anggaran,’’ pungkasnya. (radar)

Loading...