Pendaftaran Jalur Mandiri Berakhir

  • Bagikan

BANYUWANGI – Pendaftaran peserta di dik baru (PPDB) jalur mandiri resmi berakhir kemarin (6/7). Penutupan PPDB jalur mandiri tidak dilakukan secara serentak, melainkan ter gantung keputusan sekolah masing-masing. Ada beberapa sekolah yang sudah menutup PPDB pada jam 12.00 dan ada pula sekolah yang membuka pendaftaran hingga sore.

Dinas Pendidikan memberikan kebebasan untuk menentukan jam penutupan PPDB. “Keputusan penutupan PPDB jalur mandiri diserahkan kepada pihak sekolah,” ujar Plt Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan, Suratno Walau pagu PPDB jalur mandiri lebih sedikit dibandingkan jalur reguler atau online, tapi jumlah pendaftar tidak kalah dengan PPDB jalur online.

Di beberapa sekolah, calon peserta didik baru (PDB) yang mendaftar melalui jalur mandiri tetap membeludak. Tahun ini pagu PPDB jalur man diri untuk SMP sebanyak 3.847 kursi, SMA 1.008 kursi, dan SMK 605 kursi. Pagu jalur mandiri menjadi banyak karena mendapat tambahan kursi kosong dari PPDB jalur online, SMP 242 kursi, SMA 175 kursi, dan SMK 104 kursi. Ribuan calon PDB berebut kursi di sejumlah sekolah ne geri.

Mereka seakan tidak menghiraukan jumlah pagu yang tersedia. Mereka tetap nekat mendaftar ulang walau pada jalur online sudah terlempar karena skor-nya kalah dengan calon siswa lain. Setelah PPDB jalur mandiri di tutup, tahap selanjutnya, mereka akan mengikuti tes potensi akademik (TPA) yang akan digelar Senin (8/6) pekan depan. Pada tahap ini, semua calon akan ditentukan masuk ataukah tidak dalam pagu yang ter sedia di masing-masing sekolah.

Pengumuman hasil seleksi PPDB jalur mandiri akan dilakukan pada Rabu (10/6) mendatang. Setelah pengumuman dilakukan, pihak sekolah akan menggelar daftar ulang terhadap calon yang sudah dinyatakan lolos seleksi. Daftar ulang jalur mandiri dilakukan selama dua hari mulai 11 hingga 12 Juli 2012. Sama seperti jalur reguler, siswa yang sudah dinyatakan lolos harus melakukan daftar ulang dalam dua hari yang telah ditentukan.

Calon yang tidak mendaftar ulang, pihak sekolah akan mencoret nama yang bersangkutan walau sudah dinyatakan lolos seleksi. Me reka yang tidak daftar ulang akan dicoret karena dianggap mengundurkan diri. Setelah daftar ulang, tahap pelaksanaan PPDB belum berakhir. Sebab, pada 13 Juli 2013 masing-masing sekolah akan memanggil calon siswa cadangan.

Pemanggilan calon siswa cadangan itu akan dilakukan pihak sekolah yang memiliki sisa pagu PPDB jalur mandiri yang disebabkan beberapa hal. Salah satu yang menyebabkan adanya sisa pagu adalah, calon PDB jalur mandiri tidak melakukan daftar ulang. Sekolah yang tidak memiliki sisa pagu, maka tidak akan memanggil calon siswa cadangan. Pemanggilan calon siswa cadangan itu dalam rangka mengisi ke kosongan pagu yang belum terisi. “Pagu itu akan diisi peserta PPDB jalur mandiri pada peringkat di bawahnya,” ujar Suratno. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: