Peringkat 1 Hingga 3 USBN SD se-Kabupaten Banyuwangi Diborong SDN 1 Rogojampi

0
687

Peringkat-1-sampai-3-USBN-SD-se-Kabupaten-Banyuwangi-Diborong-SDN-1-Rogojampi


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Hari Ini Pengumuman Kelulusan Siswa SD

BANYUWANGI – Jenjang sekolah dasar (SD) yang paling akhir mengumumkan kelulusan. Hari ini (25/6) rencananya sekitar 818 sekolah dasar di Banyuwangi akan mengumumkan kelulusan siswa-siswi kelas 6 yang telah menempuh pendidikan selama enam tahun.

Kabid TK dan SD Dinas Pendidikan Banyuwangi, Hamami, mengatakan secara keseluruhan pengumuman kelulusan dan pertimbangan dalam meluluskan siswa menjadi wewenang sekolah. Pertimbangan atau indikator kelulusannya meliputi nilai yang dianggap cukup dan karakter siswa yang baik.

Setelah itu, dewan guru bisa mempertimbangkan apakah yang sudah diraih oleh siswa tersebut layak dianggap lulus ataukah tidak. “Yang jelas kelulusan siswa harus dipertimbangkan secara objektif dan transparan, supaya siswa bisa mengetahui jerih payah mereka selama ini. Asalkan nilainya baik dan sikap siswa juga baik pasti lulus” terang Hamami.

Selain itu, hasil pengumuman kelulusan tersebut nanti akan digunakan sebagai modal untuk mengikuti penerimaan peserta didik baru (PPDB) di jenjang SMP. Terutama nilai-nilai yang mereka peroleh untuk mencapai kelulusan.

Dalam PPDB jalur reguler ke jenjang SMP, digunakan nilai rapor siswa dari semester VII hingga XI, rerata hasil ujian sekolah daerah (USDA) dan hasil dari ujian sekolah berstandar nasional (USBN). “Sama seperti jenjang SMP, hasil USBN SD digunakan untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya,. Poni maksimalnya sekitar 500. Jadi siswa yang lulus dengan nilai baik, nanti bisa lebih leluasa memilih sekolah,” terangnya.

Selain itu, nilai-nilai yang dihasilkan para siswa itu juga akan digunakan sebagai standarisasi sekolah. Sekolah yang siswanya lulus memperoleh nilai ujian sekolah yang tinggi serta sikap yang baik dapat dikatakan berhasil mencetak output siswa yang baik.

Sementara itu, dari hasil USBN yang telah diberikan ke sekolah sejak satu minggu sebelumnya, peringkat Kabupaten Banyuwangi mengalami penurunan di tingkat Jawa Timur daripada tahun 2015 lalu. Banyuwangi kali ini menempati urutan ke 26, padahal tahun lalu kota penyu ini menempati urutan ke 15 untuk USBN SD.

Untuk peringkat satu hingga tiga se-kabupaten Banyuwangi, seluruhnya diborong siswa dari SDN 1 Rogojampi dengan peringkat pertama memperoleh nilai 296,0 atas nama Adelwin Nurisnaini RP. Peringkat empat diperoleh SDN 4 Tulungrejo, Glenmore atas nama Rifki Harizal Hafiz.

“Peringkat rerata kabupaten tahun ini turun. Meski begitu pada juara satu kabupaten sebenarnya cukup baik. Reratanya 296 dengan rincian Matematika 100, IPA 100, dan Bahasa Indonesia 96,0,” imbuh Kasi TK SD, Sugiartono. (radar)

Loading...

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Halo kawan-kawan, Jasa Sewa Mobil atau Rental Mobil Banyuwangi kini sudah semakin pesat perkembangannya lho. Mulai banyak perusahaan/ usaha kecil…
05/29/2018
Banyuwangi

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :