Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Pindah Lokasi Tetap Asyik

pindahBANYUWANGI – Pembukaan lokasi baru Car Free Day (CFD) di Taman Blambangan Banyuwangi berlangsung semarak pagi kemarin (20/1). Sejumlah ruas jalan yang disterilkan dari kendaraan bermotor tersebut tampak dipadati ribuan warga. Masyarakat sengaja datang ke area CFD untuk berolahraga seraya menikmati suasana bebas polusi bersama orang-orang terdekat.

Kawasan jalan Diponegoro (depan Gesibu Blambangan); jalan dr Wahidin Sudirohusodo (depan Wisma Blambangan), dan sepanjang jalan Dr Soetomo tampak ramai pengunjung. Ada warga yang menggowes sepeda pancal, ada yang bermain bulu tangkis, ada juga yang berjalan santai seraya menikmati sejuknya udara pagi itu. Suasana tidak jauh berbeda tampak di Taman Blambangan. Para pencinta skateboard tampak memamerkan kebolehannya berselancar di track yang tersedia di lokasi tersebut.

Track skateboard tersebut merupakan fasilitas baru yang dibangun oleh Pemkab. Tidak hanya itu, sejumlah pengunjung yang lain asyik berbelanja di stand usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Bahkan, ada juga warga yang berbelanja baju di stand salah satu mal yang membuka tenda di arena CFD “Ke depan, kami akan terus mendorong dan menyemangati UMKM membuka stand di arena CFD. Seperti yang kita saksikan, geliat ekonomi masyarakat semakin terasa dengan kehadiran CFD ini,” ujar kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pertambangan (Disperindagtam) Banyuwangi, Hari Cahyo Purnomo.

Hari menambahkan, pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), serta Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) untuk menyukseskan ajang CFD. “Sesuai dengan arahan Bapak Bupati (Abdullah Azwar Anas), CFD akan diarahkan menjadi perpaduan olahraga, seni, kebersihan dan penghijauan,” terangnya. Suasana CFD perdana yang dihelat di lokasi baru itu semakin meriah dengan kehadiran puluhan anggota grup drum band ABC (Association Band Coach). Mereka sengaja menggelar latihan di kawasan tersebut.

Ahmad Yani Hidayat, ketua unit ABC mengatakan, latihan di arena CFD dilakukan untuk mempersiapkan tim menjelang festival Maulid yang akan dihelat di Desa Watukebo, Kecamatan Rogojampi beberapa hari mendatang. “Kita ingin memeriahkan CFD, sekaligus sebagai ajang promosi ABC. Siapa tahu, setelah menyaksikan penampilan kami, pemkab peduli dan lantas memberikan bantuan agar kami terus berkembang. Eman, beberapa anggota ABC pernah ikut Jember Marching Band (JMB) mengikuti lomba di Malaysia. Jadi, warga Banyuwangi membawa bendera Jember.

Padahal, kami ingin mengharumkan tanah kelahiran kami sendiri,” jelas Hidayat. Sementara itu, Della Permatasari, 17, pengunjung CFD asal Kelurahan Kertosari mengatakan, dirinya sering berkunjung ke arena CFD saat ajang mingguan tersebut digelar di jalan Ahmad Yani. “Ternyata saat lokasinya dipindah di sekitar Taman Blambangan, CFD jadi semakin asyik. Pengunjung pun semakin ramai,” kata dia. (radar)