PN Banyuwangi Gelar Sidang Akta Kelahiran

0
377
PEMOHON AKTA: Orang tua yang mengajukan akta kelahiran menjalani sidang di PN.
PEMOHON AKTA: Orang tua yang mengajukan akta kelahiran menjalani sidang di PN.

BANYUWANGI – Permohonan untuk mendapatkan akta kelahiran kini tidak bisa mudah. Hal itu terutama bagi anak yang usianya sudah di atas satu tahun.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Sebab, sebelum mengajukan ke dinas kependudukan dan catatan sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Banyuwangi, harus disahkan dulu oleh Pengadilan Negeri (PN) Banyuwangi. Meski demikian, pemohon akta kelahiran ini ternyata juga masih cukup banyak.

Sejak aturan mulai diperlakukan pertengahan 2012 ini, setiap harinya ada tujuh hingga 10 orang pemohon akta kelahiran. “Setiap harinya, sidang untuk akta kelahiran ini sekitar tujuh hingga 10 sidang,” cetus Humas PN Banyuwangi, Bawono Eff endi SH. Bawono berharap, bagi warga yang mengajukan sidang akta kelahiran ini untuk datang sendiri ke PN.

Loading...

Sehingga, akan mengerti proses pengurusan dan persidangan. “Kalau sidang, orang tua dari anak yang akan dimohonkan akta kelahiran harus hadir,” cetusnya. Selain itu, bukti-bukti dari kelahiran anak, orang tua juga harus menghadirkan saksi. “Anaknya sudah berumur 12 tahun, kok baru sekarang dibuatkan akta kelahiran,” tanya Unggul Tri Esthi Mulyono, hakim tunggal yang menyidang akta kelahiran ini.

Karena anaknya sudah cukup dewasa, tidak jarang dari orang tua yang lupa saat ditanya tanggal kelahiran anaknya. Bahkan, untuk tahun kelahirannya juga ada yang lupa. “Dulu lahirnya di dukun, dan terbentur masalah ekonomi hingga tidak bisa mengurus akta kelahiran,” jawab salah satu pemohon akta kelahiran bagi anaknya.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2