PPDB Online Serentak Dimulai 3 Juli

0
207

sdsmpSD Tetap, SMP-SMA Diundur


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Rencana Dinas Pendidikan (Dispendik) menggelar penerimaan peserta didik baru (PPDB) online mulai hari ini (1/7) ternyata ditunda dua hari. PPDB jalur reguler online akan dimulai serentak Kamis mendatang (3/7). Kepala Bagian SMP dan SMA Dispendik Banyuwangi, Sutikno mengatakan, tanggal 1 dan 2 Juli akan digunakan untuk mendata siswa dari luar daerah. Pendataan tersebut, kata dia, mempermudah sistem pendaftaran reguler.

‘’Pada dua hari tersebut, siswa dari luar daerah Banyuwangi diberi kesempatan memverifikasi data,” ujarnya kemarin (30/6). Siswa dari luar Banyuwangi diharuskan membawa surat rekomendasi dari Dispendik daerah asal Selanjutnya, mereka wajib meminta surat rekomendasi dari Dispendik Banyuwangi. Rekomendasi tersebut harus ada jika siswa tersebut ingin mendaftar sekolah di Banyuwangi. Dengan demikian, saat dibuka pendaftaran reguler, data mereka sudah tertera di database Dispendik Banyuwangi. 

Agar dapat mendaftar secara reguler, siswa hanya perlu menggunakan nomor ujian nasional bagi lulusan SMP. Menurut Sutikno, semua siswa yang mendaftar sudah ada data nilainya di Dispendik Banyuwangi. Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) Dispendik Banyuwangi, Suratno menambahkan, khusus lulusan SD, pendaftaran bisa dibantu pihak SMPN yang dituju. Sebab, pendaftar SMP tidak memiliki nomor ujian nasional, maka akun dan password dapat diambil di SMPN penyelenggara PPDB online.

Siswa yang ingin mendapatkan akun dan password pendaftaran reguler online, kata dia, dapat membawa persyaratan SKUS dan rapor. “Setelah menunjukkan persyaratan, mereka akan diberi formulir untuk diisi, baru kemudian mereka diberi akun dan password untuk pendaftaran reguler online,” jelas Suratno. Sementara itu, Sutikno menambahkan, untuk para pendaftar reguler online, selain harus memahami tata cara pendaftaran, juga harus mengerti grade beberapa sekolah. 

Menurutnya, pendaftar harus mempertimbangkan besarnya nilai yang dimiliki, dengan animo peminat terhadap sekolah yang dituju. “Karena pada pendaftaran online, siswa tidak bisa mendaftar lagi dengan cara lain, karena itu harus tepat menentukan pilihan,” jelas Sutikno. Dia juga mempersilakan wali murid atau siswa yang masih bingung dengan tata cara pendaftaran bertanya ke Dispendik Banyuwangi atau bertanya di sekolah penyelenggara PPDB reguler online. (radar)

Loading...