Puskesmas Disiapkan Dua Dokter

  • Bagikan

BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi membagikan empat unit mobil ambulans baru untuk empat puskesmas. Empat puskesmas penerima ambulans itu adalah Puskesmas Wonosobo, Kecamatan Srono; Puskesmas Kalibaru Kulon, Kecamatan Kalibaru; Puskesmas Tulungrejo, Kecamatan Glenmore; dan Puskesmas Kebondalem, Kecamatan Bangorejo.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi, dr. Widji Lestariono mengatakan, pemkab berupaya meningkatkan performance pusat layanan kesehatan di Banyuwangi, termasuk puskesmas. Peningkatan kinerja tersebut tidak hanya menyangkut ketersediaan sarana, tapi juga peningkatan kinerja petugas kesehatan.

Dikatakan, upaya peningkatan performance pusat layanan kesehatan itu salah satunya dilakukan dengan penyediaan empat unit ambulans baru. Ambulans gres itu digunakan untuk menggantikan ambulans lama yang kondisinya dinilai sudah tidak representatif.

Dengan penyediaan empat unit ambulans baru tersebut, kata dokter yang akrab disapa Rio itu, saat ini seluruh puskesmas di Banyuwangi telah memiliki mobil ambulans dengan kondisi prima. Kondisi ini dipastikan mampu memberi daya dukung yang optimal terhadap pelayanan kesehatan bagi rakyat Banyuwangi.

Rio menambahkan, selain penyediaan ambulans baru, Pemkab Banyuwangi juga akan menambah tenaga dokter di Banyuwangi. Di seluruh puskesmas rawat inap, terang Rio, saat ini sudah tersedia masing-masing dua dokter. Di puskesmas rawat jalan, masing-masing sudah ada satu dokter yang bertugas.

“Di puskesmas rawat jalan yang tingkat kunjungannya tinggi, beberapa sudah ada dua dokter yang bertugas, seperti di Puskesmas Sobo, Kecamatan Banyuwangi. Kedepan, tenaga dokter puskesmas rawat jalan yang lain, khususnya yang tingkat kunjungannya tinggi juga akan ditambah menjadi dua orang,” pungkasnya. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: