Raih Piala Adiwiyata Mandiri dan Sekolah Berbudaya Lingkungan

0
470

raihBANYUWANGI – SMK Negeri 1 Banyuwangi terus menunjukkan prestasi yang mentereng. Di tahun 2013 ini, setidaknya sekolah di bawah asuhan Drs. H. Maulana Karimullah itu telah menorehkan tiga prestasi yang membanggakan. Ketiga prestasi itu adalah Piala Adiwiyata Mandiri, pengguna WiFi tertingi se-Indonesia, dan sekolah peraih nilai rata-rata unas tertinggi di Provinsi Jawa Timur.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

“Alhamdulillah ketiga prestasi ini kita raih di tahun 2013, dan ini patut kita syukuri bersama, khususnya saat-saat HUT Kemerdekaan RI ke-68 ini,” kata Kepala Sekolah SMKN 1 Banyuwangi,Maulana Karimullah. Karimullah menjelaskan Adiwiyata Mandiri merupakan suatu penghargaan tertinggi sebagai sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Penghargaan Adiwiyata Mandiri ini diterima bersamaan dengan Piala Adipura di Istana Negara oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada Bupati Abdullah Azwar Anas, Kepala Dinas Pendidikan Drs Sulihtiyono, Kepala SMK Negeri 1 Banyuwangi, Drs Maulana Karimullah, serta Pembina Adiwiyata SMKN 1 pada tanggal (10/6) lalu.

Penghargaan ini diberikan setelah pada tahun sebelumnya yaitu pada tahuan 2012 SMKN 1 Banyuwangi memperoleh penghargaan Adiwiyata Nasional yang diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup. “Ini merupakan satu-satunya prestasi sekolah tertinggi di bidang pengelolaan lingkungan hidup sepanjang sejarah pendidikan di Banyuwangi, yang sekaligus menghantarkan
Kabupaten Banyuwangi memperoleh Piala Adipura di tahun ini,” jelas pria yang tinggal di Jalan Mendut itu.

Resep menembus Piala Adiwiyata Nasional ini langsung ditularkan kesekolah-sekolah lain. sedikitnya ada 19 sekolah binaan yang siap memboyong piala adiwiyata nasional di tahun-tahun mendatang, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK. “Sebelum kami membina sekolah lain di bidang pengelolaan lingkungan hidup, kami telah berhasil membina sedikitnya 5 SMK negeri-swasta Banyuwangi di bidang Implementasi dan sertifi kasi Sistem Manajemen Mutu Internasional ISO 9001:2008. Alhamdulilah kelima sekolah binaan kami telah tersertifi kasi SMM Intenasional ISO 9001:2008 pada tahun 2012,’’ ungkap Maulana.

JUGA JUARA PENGGUNA WIFI TERTINGGI

DI BULAN September 2013, SMKN 1 Banyuwangi akan berbagi kepada SMK Negeri dan Swasta se-Banyuwangi untuk mengikuti dua kegiatan berskala nasional. Dua kegiatan tersebut berupa diklat dan sertifi kasi TOEIK bagi guru-guru Bahasa Inggris dan diklat Simulasi Digital bagi guruguru KKPI serta guru SMK lainnya dalam rangka pemanfaatan IT. Selain itu, sekolah yang beralamat di Jalan Wijaya Kusuma Banyuwangi itu juga dinobatkan menjadi pengguna WiFi tertinggi se-Indonesia mengalahkan kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang.

Kado istimewa ini disampaikan oleh Kepala Kantor Telkom Banyuwangi Putro Dewantoro di hadapan ratusan siswa SMK Negeri 1 Banyuwangi saat Upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI (17/8). Pengguna WiFi tertinggi di SMK Negeri 1 Banyuwangi mencapai 465 user atau 3.765 user per bulan. Sementara untuk runner up diraih oleh SMK Sandy Putra Malang dengan rerata 3.564 user per bulan, disusul MAN Malang dengan rerata 3.433 user.

“Sejak Banyuwangi Digital Society diluncurkan oleh Bupati Anas, SMKN 1 Banyuwangi telah menyiapkan jaringan internet sebesar 12,512 MBPS, dari Telkom 10 MB, Jardiknas 512 KB, dan dari operator swasta sebesar 2 MB dengan 20 titik akses tersebar di seluruh penjuru sekolah,” papar Maulana. Sementara itu, setelah menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri, saat ini SMKN 1 Banyuwangi sekolah sedang mempersipakan diri menjadi sekolah Sobat Bumi dengan CSR Pertamina Foundation dan Asean Eco Scholl.

Kriteria penilaian untuk Asean Eco Scholl jauh lebih sulit dan berat, sekolah akan terus meminta bimbingan dan petunjuk dari Kementrian Lingkungan Hidup serta dukungan dari Bupati Anas, Gubenur Jawa Timur, karena dalam Asean Eco Scholl ini sekolah tidak lagi mewakili Jawa Timur akan tetapi mewakili Indonesia. (radar) 

Loading...

Jual Permen SOLOCO Obat Kuat Bandung COD 087722250111

Jual Permen SOLOCO Obat Kuat Bandung COD 087722250111

Bandung COD – Hp : 0877-2225-0111 Jual Permen SOLOCO Asli Di Bandung | Agen Permen SOLOCO Obat Kuat Bandung |…
05/17/2019
bandung
[yuzo_related]

Kata kunci yang digunakan :