Remitansi TKI Tembus Rp 6,2 M

0
140

Penyumbang Terbesar TKI dari Hongkong


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Jelang Lebaran, perolehan devisa dari remitansi TKI Banyuwangi yang bekerja di luar negeri mengalami peningkatan drastis dibanding bulan lalu. Hingga kemarin (8/8), jumlah remitansi sudah mencapai 2.258 kali dengan nilai transaksi sekitar Rp 6,254 miliar. Kepala Kantor Pos Besar Banyuwangi, Asro Efendi mengungkapkan, pada periode yang sama yakni Juli 2011 jumlah transaksi remitansi hanya sekitar 1.816 kali dengan nilai Rp 4,147 miliar.

Hingga tanggal 7 Agustus 2012 kemarin, transaksi remitansi sudah menembus angka 2.258 kali dengan nilai transaksi Rp 6,254 miliar lebih. Jika mengacu banyaknya transaksi, lanjut Asro, maka terjadi pertumbuhan sekitar 39 persen dari bulan sebelumnya. Sementara itu, nilai tran saksinya tumbuh mencapai 50 persen. Jumlah transaksi dan jumlah nilai transaksi akan terus tumbuh. Sebab, setiap hari jumlah transaksi di kantor pos terus bertambah.

Sebagian besar remitansi TKI itu berasal dari Hongkong. Terbesar kedua, lanjut Asro, berasal dari Malaysia, dan peringkat ketiga berasal dari Arab Saudi. Dari negara lain, jumlah transaksi dan nilainya tidak seberapa banyak. Yang jelas, kata Asro, menjelang Hari Raya Idul Fitri, hampir semua TKI yang bekerja di luar negeri mengirimkan uang untuk keluarga di rumah. Hingga Lebaran mendatang, transaksi remitansi dari luar negeri akan terus mengalir. Di bandingkan tahun 2011, hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Namun, jika diliha tren dari bulan sebelumnya ke mungkinan besar naik. (radar)

Loading...