Sambut Hari Jadi Banyuwangi, Desa Parangharjo Suguhkan Long Sewu

0
583


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Dalam rangka menyambut hari jadi Banyuwangi (Harjaba) tanggal 18 Desember 2017, Desa Parangharjo, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi mengadakan acara Long Sewu, sabtu (2/12/2017).

Kegiatan tersebut sangat direspon masyarakat setempat, terlihat dari antusias dan kepedulian masyarakat terhadap jalan acara tersebut.

Bukan tanpa alasan, masyarakat sangat merespon karena kegiatan ini dapat mengingatkan dan memberi pengetahuan tentang sejarah yang ada di desanya.

“Long Sewu untuk mengingatkan kita, seperti apa kedasyatan perang Puputan Bayu yang pernah terjadi dijaman terdahulu, bahkan mungkin saat itu keadaanya lebih dasyat dibanding kerasnya suara dentuman Long Sebanyak 1000 ini,” ungkap Kepala Desa (Kades) Parangharjo, Panji Widodo.

Panji Widodo menjelaskan, perang puputan bayu adalah peperangan antara para pejuang Bumi Blambangan melawan pasukan VOC/Belanda.

“Awal mula meletusnya peperangan terjadi di dusun krajan Tegal Peperangan Desa Parangharjo, kemudian konon katanya menyebar sampai habis habisnya di Desa Bayu,” terangnya.

Dari dasar sejarah yang ada, lanjut Panji Widodo, lintas Napak Tilas sejarah jangan dirubah.

“Lintas Napak Tilas harus diawali dari Desa Parangharjo, jangan sampai diawali dari desa desa lainnya, karena bila diawali dari desa lainnya maka tidak mendasar pada sejarah yang ada,” jelasnya.

Panji menambahkan, Pemerintah Desa dan Masyarakat Parangharjo berharap adanya agenda khusus dari Pemerintah Daerah serta kegiatan Long Sewu dapat dijadikan salah satu Ikon setiap peringatan Harjaba.

“Masyarakat berkeinginan adanya agenda khusus Napak Tilas perang Puputan Bayu yang diawali dari Desa Parangharjo dan diselenggarakan setiap tahun. Selain itu, semoga kedepan, Long Sewu ini bisa dijadikan sebagai ikon setiap peringatan Hari Jadi Banyuwangi,” imbuhnya.

Sekedar diketahui, Long adalah sebuah alat permainan yang bisa menghasilkan suara cukup keras dengan bentuk menyerupai meriam. Long terbuat dari tanaman bambu. Sedangkan sewu adalah kata dari bahasa suku Jawa yang artinya seribu (1000).

Loading...

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

KAYU MERANTE-KAMPER-BORNEO-DLL.ASAL SUMATRA" "UKURAN KAYU BORNEO" 1).. KAYU BORNEO RENG RENG: 3 x 4 x 400 cm = Rp. 2.000.000…
07/11/2018
JAKARTA

Baca Juga :