Samsat Gratiskan Bea Balik Nama dan Denda

0
1397

BANYUWANGI-Kabar gembira bagi para pemilik kendaraan bermotor. Kantor Bersama (KB) Samsat se-Jawa Timur kini memberikan keringanan pajak kendaraan bermotor (PKB) atau biasa disebut program pemutihan. Samsat membebaskan semua biaya denda keterlambatan pembayaran PKB dan bea balik nama (BBN) kedua.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Chusnul Hadi, Administratur Pelayanan PKB dan BBN KB Samsat Banyuwangi menjelaskan bahwa program itu diberikan berdasarkan Peraturan Gubernur Jatim No. 32/2012. Dalam peraturan tersebut diatur tentang insentif dan keringanan pajak daerah tahun 2012. Pemilik kendaraan dibebaskan dari BBN kedua dan seterusnya. “Bahkan, bebas dari sanksi administrasi atau bunga PKB, atau yang biasa disebut denda keterlambatan,” terangnya kepada RaBa di ruang kerjanya, kemarin pagi (26/4).

Chusnul mengimbau kepada para pemilik kendaraan bermotor yang menunggak pajak untuk memanfaatkan program tersebut. Kesempatannya hanya 120 hari dari 1 April hingga 31 Juli 2012. “Segera manfaatkan program ini, jangan sampai terlambat dan menyesal,” seru pria asal Surabaya itu. Tujuan dari program itu adalah memberikan rangsangan kepada wajib pajak untuk melunasi. Selain itu, rangsangan untuk balik nama registrasi atas namanya sendiri. Dari sisi risiko hukum, balik nama itu akan bermanfaat.

Loading...

“Kalau atas nama orang lain akan berisiko dari orang lain, misalkan orang tersebut melapor jual, maka tidak bisa apa-apa,” jelas pria yang sebelumnya berdinas di Samsat Bondowoso itu. Target dari program tersebut, lanjut Chusnul, bisa mengurangi tunggakan PKB di Banyuwangi sebanyak Rp 28 miliar.

“Target kami sekitar 30 persen bisa terbayar,” sebutnya. Saat ini, pelayanan juga semakin mendapatkan kemudahan. Ada mobil Samsat keliling, yang sejak pukul 16.00 hingga malam hari melayani di seputar Kota Banyuwangi. Setiap dua hari sekali digilir di areal Ramayana Dept. Store, Roxy Supermarket, dan Giant Hypermart.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2