Samsudin Pilih Kades daripada Jadi KPU

0
352

BANYUWANGI – Satu calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi, Samsudin, mengundurkan diri. Dia memilih melanjutkan tugas dan tanggung jawab sebagai kepala desa (kades) ketimbang jadi anggota KPU pergantian antar waktu (PAW).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pengunduran diri Samsudin itu disampaikan secara tertulis kepada KPU Banyuwangi dan KPU Jawa Timur (Jatim). Dalam surat resmi tersebut, Samsudin mempertimbangkan dua hal  Pertama, keputusan yang diambil keluarga. Kedua, terkait tugas dan tanggung jawab dirinya sebagai kades.

Jabatan kades yang diemban Samsudin masih akan berlangsung lama, yakni berakhir 2017 mendatang. Lantaran masih cukup lama, Samsudin memilih melanjutkan tugas dan melaksanakan tugas sebagai kades Sukorejo, Kecamatan
Wongsorejo. “Karena menolak mundur sebagai kades, maka secara otomatis Samsudin gugur sebagai calon anggota KPU Banyuwangi,” kata Syamsul Arifin, ketua KPU Banyuwangi, kemarin (3/4).

Loading...

Menurut Syamsul, anggota KPU tidak boleh merangkap jabatan negara lain. Lantaran tidak bisa dirangkap, salah satu harus ada yang dilepas. Lantaran Samsudin mundur, maka posisinya akan diisi Hariyanto. Hariyanto merupakan calon anggota KPU yang lolos dalam seleksi 10 besar yang ditetapkan KPU Jatim beberapa tahun lalu.

Dalam daftar 10 besar itu, Samsudin berada di nomor urut enam, dan Hariyanto berada di nomor urut tujuh. “Hariyanto sudah selesai menjalani proses verifikasi dan klarifikasi. Tinggal melengkapi persyaratan,” jelas Syamsul.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2